Kumpulan Hoaks yang Menyerang Ulama

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 06 Mei 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 12:00 WIB
Ilustrasi hoax
Perbesar
Ilustrasi hoax

Liputan6.com, Jakarta- Informasi hoaks bisa menyerang siapa saja, salah satunya adalah kalangan ulama. Informasi palsu tersebut beredar dimedia sosial (medsos).

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri informasi seputar ulama yang viral di media sosial, hasilnya informasi tersebut terbukti hoaks.

Berikut hoaks yang menyerang ulama hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

 

1.  Pesan Berantai Sebut Uztaz Zacky Mirza Meninggal Dunia

Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai terkait ustaz Zacky Mirza meninggal dunia. Pesan berantai tersebut ramai dibagikan sejak Senin (19/4/2021) malam.

Dalam pesan berantai tersebut berisi narasi sebagai berikut:

"Innalillahi Wainna Ilaihi Ra'jun.. Barusan TV one menyiarkan telah berpulang kerahmatullah Ustadz Zacky Mirza."

Lalu benarkah pesan berantai yang berisi informasi ustaz Zacky Mirza meninggal dunia? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, pesan berantai yang berisi informasi ustaz Zacky Mirza meninggal dunia adalah hoaks.

 

2. Foto Ini Ustaz Abdul Somad Divaksin

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim Ustaz Abdul Somad sedang di suntik vaksin.

Foto yang diklaim Ustaz Abdul Somad sedang di suntik vaksin tersebut diunggah akun Facebook Mbom Lung, pada 24 Januari 2021.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Ustaz Abdul Somad Divaksin

Unggahan berupa tangkapan layar artikel "RADAR PETAMBURAN" berjudul "Kesan SOmad Saat Divaksin: Ndak Terasa Sakit, Tak Sesakit Ditinggal Pas Lagi Sayang-Sayangnya" yang dimuat pada Kamis,21 Januari 2021.

Dalam tangkapan layar tersebut terdapat foto yang menampilkan sosok berwajah identik dengan Ustaz Abdul Somad sedang disuntik oleh dua orang yang diduga petugas medis.

Pada foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Woi drun.nih ustad kalian udah Tobat drun..kini giliran kalian mau di vaksin apa mau disuntik mati drun??"

Benarkah klaim foto Ustaz Abdul Somad sedang divaksin? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto Ustaz Abdul Somad sedang divaksin tidak benar.

Foto tersebut telah diedit, dalam foto sebenarnya adalah petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 kepada seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) saat simulasi di lingkungan Kodam IX Udayana, Denpasar, Bali. 

 

3. Pernyataan Syekh Ali Jaber soal Nikita Mirzani

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim tanggapan Syekh Ali Jaber  terkait Nikita Mirzani yang disindir lo*te. Tanggapan tersebut berupa pernyataan "jangan pandang buruk wanita tak berjilbab".

Klaim tanggapan Syekh Ali Jaber terkait Nikita Mirzani yang disindir lo*te diunggah akun Facebook Hajja Sopiah Priantna, pada 17 November 2020.

Unggahan tersebut berupa tangkapan layar judul artikel situs KININEWS.COM. Berikut judul artikel tersebut:

"Nikita Mirzani Disindir Lo*Te, SYekh Ali Jaber: Jangan Pandang Buruk Wanita Tak Berhijab"

Unggahan tangkapan layar tersebut diberikan keterangan sebagai berikut:

"Ulama kondang Syekh Ali Jaber angkat bicara terkait perseteruan artis Nikita Mirzani dengan Ustadz Maaher At-Thuwailibi.

Dia mengingatkan semua orang agar tidak gampang menghakimi seseorang, termasuk perilaku dan cara berpakaian seseorang.

”Kalau urusan sama orang, jangan menghakimi orang. Jangan pandangi wanita yang belum berjilbab, jangan pandangi dia buruk.

Barang kali dia punya dua rakat (sholat) tahajud di sisi Allah, bisa menyebabkan terampuni semua dosanya,” ujarnya dalam Podcast Deddy Corbuzier bersama Gus Miftah, Senin (16/11/2020).

”Kita tidak tahu apa urusan manusia sama Allah. Masing-masing punya rahasia sama Allah. Punya sesuatu kebaikan sama Allah yang barang kali tidak ada manusia lain yang tahu.

Bisa jadi sebab kebaikan itu antar dia sama Allah, bisa menyebabkan terampuni semua dosanya,” sambung Ali Jaber..@copas Benny Anjaspati.."

Benarkah klaim tanggapan Syekh Ali Jaber terkait Nikita Mirzani yang disindir lo*nte? simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim tanggapan Syekh Ali Jaber terkait Nikita Mirzani yang disindir lo*te tidak benar.

Syekh Ali Jaber memang mengeluarkan pernyataan yang identik dengan keterangan pada klaim. Namun, konteks pernyataan tersebut tidak terkait dengan sindiran lo*te untuk Nikita Mirzani, tetapi terkait nasihat agar manusia tidak menghakimi manusia lain melebihi Allah.

 

4. Kabar Ustaz Yusuf Mansur Meninggal Dunia pada 25 Agustus 2020

abar tentang pendakwah Ustaz Yusuf Mansur meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan situs berburuhartikel.blogspot.com dengan judul artikel "INNALILLAHI; Kabar Duka Dari Ustaz Yusuf, Semoga Husnul Hotima" yang ditayangkan pada Selasa 25 Agustus 2020.

Ustaz Yusuf Mansur sebelumnya dikabarkan masuk rumah sakit pada Sabtu 22 Agustus 2020. Dalam gambar yang diunggah di akun Instagramnyna, Ustaz Yusuf Mansur yang juga pendiri Pesantren Darul Quran ini terbaring di ranjang rumah sakit dengan mengenakan pakaian hijau.

Kepalanya pun ditutup dengan plastik dengan warna yang sama. Sementara di lengan kirinya terdapat gelang berwarna biru. Gelang tersebut biasa dipakai untuk pasien rumah sakit.

Benarkah kabar Ustaz Yusuf Mansur meninggal dunia pada 25 Agustus 2020? Berikut penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, kabar tentang pendakwah Ustaz Yusuf Mansur meninggal dunia pada 25 Agustus 2020 ternyata tidak benar alias hoaks. Meskipun sempat dirawat di rumah sakit beberapa waktu lalu, kini Ustaz Yusuf Mansur tampak sudah kembali sehat.

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓