Kumpulan Hoaks Seputar Jokowi, Simak Faktanya

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 06 Mei 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 08:00 WIB
Ilustrasi Hoaks Hoax
Perbesar
Ilustrasi Hoaks. (Freepik)

Liputan6.com, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi salah satu pejabat yang kerap mendapat serangan hoaks, bentuknya pun beragam dari tulisan hingga video.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar Jokowi di media sosial (medsos), hasilnya sebagian informasi tersebut hoaks.

Berikut kumpulan hoaks seputar Jokowi hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

 

1. Hoaks Said Aqil Siradj Sebut Jokowi Imam Mahdi

Kabar tentang Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul 'Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menyebut Presiden Jokowi adalah imam mahdi beredar di media sosial. Kabar tersebut dsebarkan akun Facebook Windy Matteo pada 26 April 2021.

Akun Facebook Windy Matteo mengunggah gambar tangkapan layar artikel berjudul "SAID AQIL: Jangan Bilang Siapa-Siapa ya. Fieling Saya,Pak Jokowi Itu "IMAM MAHDI" Yang Muncul di Akhir Zaman Nanti.

"mo ktwa tkut kena spam akun gw ma fb...," tulis akun Facebook Windy Matteo.

Konten yang disebarkan akun Facebook Windy Matteo telah 5 kali direspons dan mendapat 11 komentar warganet.

Benarkah Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul 'Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menyebut Presiden Jokowi adalah imam mahdi? Berikut penelusurannya.

Kabar tentang Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul 'Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menyebut Presiden Jokowi adalah imam mahdi ternyata tidak benar.

Faktanya, gambar tangkapan layar artikel berjudul "SAID AQIL: Jangan Bilang Siapa-Siapa ya. Fieling Saya,Pak Jokowi Itu "IMAM MAHDI" Yang Muncul di Akhir Zaman Nanti merupakan hasil manipulasi.

 

2. Jokowi dalam Video Ini Menari Lagu Nggak Mau Ganti Presiden

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Jokowi menari lagu nggak mau ganti presiden

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Presiden Joko Widodo (Jokowi) menari lagu nggak mau ganti presiden. Video tersebut diunggah Muhammad Qadar, pada 28 April 2021.

Unggahan klaim video Jokowi menari lagu nggak mau ganti presiden menampilkan sejumlah orang sedang melakukan gerakan tarian, salah satunya sosok yang mirip dengan Jokowi, diiringi dengan lagu dengan lirik sebagai berikut:

"Kami nggak mau ganti, nggak mau ganti presiden. Kami mau dia lagi, mau dia lagi jadi presiden"

Dalam tayangan tersebut terdapat tulisan "Viral lagu gak mau ganti Presiden".

Benarkah klaim video Jokowi menari lagu nggak mau ganti presiden? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video Jokowi menari lagu nggak mau ganti presiden tidak benar.

Tarian Jokowi dalam video sebenarnya diiringi musik Seka Kaimana.

 

3.  Foto Jokowi Naik Mobil Esemka

Sebuah foto yang diklaim Presiden Jokowi tengah naik mobil Esemka beredar di media sosial. Foto tersebut diunggah akun Facebook Ratna ID pada 20 April 2021.

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Presiden Jokowi Naik Mobil Esemka (sumber: Facebook)

Dalam foto tersebut, terdapat gambar Jokowi tampak tengah duduk santai mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam. Terdapat juga empat ban mobil di dalam foto tersebut.

"Akhirnya Bisa Juga Gw Ngeliat Jokowi Naik Mobil ESEMKA

Met Bobo Bong.. 😘," tulis akun Facebook Ratna ID.

Konten yang disebarkan akun Facebook Ratna ID telah 9 kali direspons dan mendapat 8 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Jokowi tengah naik mobil Esemka. Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto yang diklaim Presiden Jokowi tengah naik mobil Esemka ternyata tidak benar. Faktanya, foto yang diunggah akun Facebook Ratna ID adalah hasil manipulasi.

 

4. Foto Ini Jokowi Meminum Pemutih Pakaian

 

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Jokowi dengan Meminum Pemutih Pakaian (sumber: Facebok)

 Sebuah foto yang memperlihatkan Presiden Jokowi tengah mengonsumsi minuman bermerek salah satu pemutih pakaian beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Erwan Cobain pada 12 April 2021.

Dalam foto tersebut, Jokowi tampak mengenakan jas berwarna putih dengan dasi merah. Ia tampak memegang gelas minuman dengan merek salah satu pemutih pakaian, Bayclin. Terdapat juga sebuah narasi dalam foto tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook Erwan Cobain telah 1 kali dibagikan mendapat 9 respons warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Jokowi tengah mengonsumsi minuman bermerek salah satu pemutih pakaian? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto yang memperlihatkan Presiden Jokowi tengah mengonsumsi minuman bermerek salah satu pemutih pakaian ternyata tidak benar. Faktanya foto yang diunggah akun Facebook Erwan Cobain telah disunting atau diedit. 

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓