Kumpulan Foto Hoaks, dari Syuting Horor sampai Pelanet Mars

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 04 Mei 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 11:00 WIB
Ilustrasi Hoaks Hoax
Perbesar
Ilustrasi Hoaks. (Freepik)

Liputan6.com, Jakarta- Foto merupakan salah satu media yang digunakan untuk dijadikan bahan hoaks yang disebar di media sosial, biasanya foto tersebut mengalami editan dan keterangannya tidak sesuai dengan fakta.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumblah foto yang beredar di media sosial. Hasilnya, foto tersebut tidak benar alias hoaks.

Berikut foto hoaks hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

 

1. Foto Munarman Menggigit Sandal Saat Ditangkap Densus 88

 

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Munarman Menggigit Sandal Saat Ditangkap Densus 88 Polri (sumber: Facebook)

Sebuah foto yang diklaim eks Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman menggigit sandal saat ditangkap Densus 88 Polri beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Boy Aje pada 29 April 2021 lalu.

Dalam foto tersebut, tampak Munarman menggigit sandal jepit. Munarman terlihat diapit oleh dua polisi berseragam hitam.

"Beredar kabar Munarman tertangkap densus88 dengan menggigit sendal jepit jdi berita utama,Munarman terindikasi keterlibatan dengan teroris

Di media sosial trending topik tagar bebaskan Munarman masukkan ke kandang macan pun ramai di bicarakan warga net

#Bebaskan Munarman

#masukan ke kandang macan," tulis akun Facebook Boy Aje.

Konten yang disebarkan akun Facebook Boy Aje telah 15 kali direspons dan mendapat 36 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Munarman menggigit sandal jepit saat ditangkap Densus 88 Polri? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto yang diklaim eks Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman menggigit sandal ternyata tidak benar. Faktanya, foto yang diunggah akun Facebook Boy Aje telah disunting atau diedit.

 

2. Foto Syuting Film Horor agar Masyarakat Indonesia Mau Divaksin

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto syuting film horor agar masyarakat Indonesia mau divaksin

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto syuting film horor untuk masyarakat Indonesia agar mau divaksin.

Foto tersebut diunggah akun Facebook Azizah Kurniawan, pada 26 April 2021, sebagai berikut:

Klaim foto syuting film horor untuk masyarakat Indonesia agar mau divaksin menampilkan sejumlah benda berwarna hitam berbentuk panjang dibaringkan berjajar, dalam foto tersebut juga terlihat seorang membawa benda berwarna hitam.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Lagi nenteng apa mas? Mayat kok enteng gitu? Hushhh... Jangan bocorin ya... Lagi syuting film horror nih buat masyarakat Indonesia. Vaksin kan sudah tidak laku di Eropa dan Amerika. Dihentikan penggunaan vaksin eksperimen ini karena terbukti banyak KIPI/VAERS. Masyarakatnya sudah pada demo. Potensi pasar vaksin tinggal Asia dan terutama Indonesia nih yang paling mudah dibohongi. Jangan bilang-bilang ya."

Benarkah klaim foto syuting film horor untuk masyarakat Indonesia agar mau divaksin? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto syuting film horor untuk masyarakat Indonesia agar mau divaksin tidak benar.

Foto tersebut merupakan aksi penghormatan kepada orang-orang yang meninggal karena virus corona dan memprotes penanganan buruk pemerintah terhadap pengangguran yang disebabkan oleh pandemi di Miami, negara bagian Florida pada 27 Mei 2020.

 

3. Foto Penampakan Pelangi di Planet Mars

Cek Fakta pelangi di Planet Mars

 

 Beredar di media sosial postingan foto yang diklaim pelangi di Planet Mars. Postingan ini banyak disebarkan pada awal April 2021.

Salah satu akun yang mengunggahnya adalah bernama Robert Mask. Dia mempostingnya di Facebook pada 5 April 2021.

Dalam postingannya terdapat gambar seperti siluet pelangi. Ia menambahkan narasi: "Rainbows on Mars!!!" atau dalam Bahasa Indonesia "Pelangi di Mars!!!"

Lalu benarkah postingan tersebut merupakan foto pelangi di Planet Mars? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, postingan yang menyebut ada pelangi di Planet Mars adalah tidak benar.

 

4. Joe Biden Berlutut di Depan Anak George Floyd

 Beredar di media sosial postingan terkait Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang diklaim berlutut di depan anak George Floyd. Postingan itu ramai dibagikan sejak awal pekan ini.

Salah satu yang mengunggahnya adalah akun bernama Pierre-Yves Njeng. Dia mempostingnya di Facebook pada 21 April 2021.

Dalam postingannya terdapat foto Joe Biden sedang berlutut di depan anak kecil. Dalam postingan tersebut ditambahkan narasi:

"President Joe Biden kneels to beg George Floyd's son for forgiveness. The same kneeling position that killed Floyd."

Atau dalam Bahasa Indonesia:

"Presiden Joe Biden berlutut untuk memohon pengampunan kepada putra George Floyd. Posisi berlutut yang sama saat Floyd terbunuh."

Lalu benarkah foto tersebut merupakan Joe Biden sedang berlutut di depan anak George Floyd? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, postingan foto yang mengklaim Joe Biden sedang berlutut di depan anak George Floyd adalah tidak benar. Faktanya anak kecil dalam foto tersebut merupakan putra dari Clement Brown yang mempunyai toko di Detroit Michigan.

 

 

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓