Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Ada Penampakan Pelangi di Planet Mars

Beredar di media sosial postingan foto yang diklaim pelangi di Planet Mars.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan foto yang diklaim pelangi di Planet Mars. Postingan ini banyak disebarkan pada awal April 2021.

Salah satu akun yang mengunggahnya adalah bernama Robert Mask. Dia mempostingnya di Facebook pada 5 April 2021.

Dalam postingannya terdapat gambar seperti siluet pelangi. Ia menambahkan narasi: "Rainbows on Mars!!!" atau dalam Bahasa Indonesia "Pelangi di Mars!!!"

Lalu benarkah postingan tersebut merupakan foto pelangi di Planet Mars?

#IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta:

Cek Fakta menelusuri dan menemukan artikel berjudul "Fact Check: Did NASA's Perseverance Rover Photograph a Mars Rainbow?" yang tayang di Newsweek.com pada 7 April 2021.

Dalam artikel tersebut terdapat penjelasan dari NASA.

"Banyak yang bertanya: Apakah itu pelangi di Mars? Tidak. Pelangi tidak dimungkinkan di sini.

Pelangi diciptakan oleh cahaya yang dipantulkan dari tetesan air bulat, tetapi tidak ada cukup air di sini untuk mengembun, dan terlalu dingin untuk air cair di atmosfer. Busur ini adalah pijar lensa," bunyi pernyataan NASA.

Artikel tersebut juga menjelaskan bukan berarti tidak ada air di atmosfer Mars. Website NASA mengatakan atmosfer planet sebagian besar terdiri dari karbondioksida dan sebagian uap air.

Bahkan secara teoritis jika ada cukup uap menghasilkan pelangi maka tidak bisa terjadi karena suhu rata-rata di Mars adalah minus 81 derajat Fahrenheit dan tekanannnya sangat rendah. Sehingga uap tidak akan mampu membuntuk tetesan air bulat yang diperlukan pelangi.

Sumber:

https://www.newsweek.com/nasa-perseverance-rover-mars-rainbow-photo-1581531?utm_term=Autofeed&utm_medium=Social&utm_source=Facebook&fbclid=IwAR0EOp657th9a2d9KUaLjLAdR7uQWO-BbkIQlqNL__ghq95QN-SJmumWYyQ#Echobox=1617829697

https://twitter.com/NASAPersevere/status/1379536046338154498

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang menyebut ada pelangi di Planet Mars adalah tidak benar.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.