Simak Hoaks Lowongan Kerja Perusahaan BUMN, dari Pertamina sampai Freeport

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 23 Apr 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 23 Apr 2021, 10:00 WIB
Ilustrasi hoax
Perbesar
Ilustrasi hoax

Liputan6.com, Jakarta - Informasi tentang lowongan kerja perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminati sejumlah orang, namun sebaiknya tidak mudah mempercayai kabar tersebut agar tidak dirugikan oleh hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar lowongan kerja perusahaan BUMN, hasilnya sejumlah informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

Berikut kumpulan hoaks seputar lowongan kerja perusahaan BUMN hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Poster Lowongan Kerja PT Pos Indonesia Ini untuk UPT Jawa Timur

Beredar sebuah poster dengan narasi lowongan kerja di PT Pos Indonesia (Persero). Dari poster lowongan kerja itu, PT Pos Indonesia (Persero) mencari beberapa karyawan baru yang ahli dalam bidang marketing, customer service, account executive, dan tenaga pengantar.

Begini poster yang beredar:

 

Poster lowongan kerja PT Pos Indonesia.

Mereka pun menganggapnya kalau ini beredar di Jawa Timur. Mereka juga mempertanyakan kebenaran poster tersebut.

Lalu, benarkah poster lowongan kerja itu milik PT Pos Indonesia di Jawa Timur? Simak penelusurannya di halaman berikut.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, Poster lowongan kerja PT Pos Indonesia (Persero) yang tersebar di grup WhatsApp bukan untuk Jawa Timur. Klaim ini merupakan informasi yang sebagian salah karena lowongan kerjanya UPT PT Pos Indonesia di Tanjung Pandan, Bangka Belitung.

 

2.  Informasi Lowongan Kerja Pertamina 

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi lowongan kerja pegawai PT Pertamina (Persero) yang akan berakhir 10 Februari 2021.

Informasi lowongan kerja pegawai Pertamina yang akan berakhir 10 Februari 2021 beredar di aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi tersebut:

 

Informasi lowongan kerja pegawai Pertamina

Benarkah informasi lowongan kerja pegawai Pertamina yang berakhir 10 Februari 2021? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com,  informasi lowongan kerja pegawai Pertamina yang berakhir 10 Februari 2021 tidak benar.

Informasi tentang lowongan kerja Pertamina hanya bisa diakses di situs resmi Pertamina pertamina.com 

 

3. Lowongan Kerja PT Freeport Indonesia 

Beredar di media sosial soal lowongan kerja dari PT Freeport Indonesia. Disebutkan dalam klaim lowongan kerja tersebut, pelamar bakal ditempatkan di Timika, Papua.

Salah satu akun Facebook yang mengunggah klaim lowongan kerja dari PT Freeport Indonesia adalah Jemmi Aprilyo Simatupang. Begini narasinya:

"LOWONGAN KERJA

Dibutuhkan:

1. Min D3 lulusan teknik

2. Bersertifikat CCNA (cisco)

3. Bersedia bekerja di timika papua(kawasan freeport)

3. Gaji Negotable

Fasilitas

1. mendapatkan biaya transportasi (Mudik per 3 Bulan sekali, durasi mudik max 2 minggu)

2. mendapatkan fasilitas (makan, tempat tinggal dll)

silakan kirimkan CV ke:

acephelmi@stn-network.com / +62 811-1352-702 Acep Helmi

cc email: bastiarpramana@gmail.com

subject: Teknisi CCNA-PAPUA"

Ada juga postingan dengan klaim nama-nama calon pelamar yang lolos seleksi tahap pertama dari PT Freeport Indonesia.

Lalu, benarkah itu lowongan kerja dari PT Freeport Indonesia? Simak penelusurannya di halaman berikut.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim lowongan kerja dari PT Freeport Indonesia yang tersebar di media sosial merupakan informasi hoaks.

 

4. Lowongan Kerja Pertamina untuk Tahun 2021

Pemilik akun Facebook Agung Prasetyo membagikan poster dengan klaim lowongan kerja dari Pertamina. Disebutkan dalam postingannya, Pertamina membuka lowongan pekerjaan untuk tahun 2021.

Agung Prasetyo mengunggah klaim lowongan kerja Pertamina di beberapa grup Facebook, salah satunya Loker Prabumulih. Begini narasinya:

"Lowongan Kerja Pertamina Terbaru Januari 2021."

Disebutkan dalam poster lowongan kerja itu, Pertamina mencari security, driver, sekretaris, hingga pegawai SPBU. Lowongan kerja ini dibuka hingga 3 Januari 2021.

Disebutkan pula kalau pelamar harus menyerahkan surat lamaran kerja melalui email: recruitment.pertamina@email.com. Kemudian ada format ketika mengirim email, yakni mencantumkan nama, nomor handphone, hingga domisili.

Lalu, benarkah itu merupakan lowongan kerja dari Pertamina yang sesungguhnya? Simak penelusurannya di halaman berikut.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi lowongan kerja Pertamina untuk tahun 2021 yang beredar di Facebook merupakan informasi hoaks. Sebabnya, alamat email yang tercantum di poster tersebut bukan milik Pertamina.

 

5. Lowongan Kerja di PT Waskita Karya dengan Gaji Pokok Rp 19 Juta

 Beredar pesan berantai yang menyebut Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi, PT Waskita Karya membuka lowongan kerja untuk tahun 2021.

Dalam pesan berantai lowongan kerja itu disebutkan kalau PT Waskita Karya membutuhkan banyak tenaga baru, seperti staf pajak, pelaksana proyek, hingga quality control. Bahkan, lowongan kerja itu menawarkan gaji pokok yang fantastis, yakni Rp 19 juta.

Beberapa persayaratan yang tertera dalam pesan berantai lowongan kerja itu cukup mudah, antara lain, usia 20 tahun ke atas, teliti, pekerja keras, hingga tanpa pengalaman diperbolehkan melamar.

Pesan berantai itu juga meminta pelamar mengirimkan email berupa surat lamaran dan daftar riwayat hidup ke hrd.waskitakarta2020@gmail.com.

Namun, PT Waskita Karya melalui Facebook resminya, membantah lowongan kerja tersebut. Mereka melabeli pesan berantai itu dengan label hoaks. PT Waskita Karya memastikan kalau mereka tidak menyebarluaskan lowongan kerja melalui media sosial.

Berikut ini bantahan dari PT Waskita Karya

"Selamat malam #TemanKita, beredar lagi berita HOAX terkait info lowongan kerja pegawai Waskita berikut ini.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk, tidak pernah mengeluarkan info lowongan kerja tersebut. Setiap lowongan pekerjaan secara resmi kami umumkan melalui website resmi waskita karya di kolom karir (waskita.co.id/en/pages/humancapital/careeropportunities).

Kami juga tidak pernah bekerja sama dengan travel agent manapun, serta tidak dipungut biaya.

Selalu waspada dan berhati-hati dalam menerima segala bentuk informasi ya TemanKita!"

      

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓