Simak Kumpulan Hoaks Seputar Indomie

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 22 Apr 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 22 Apr 2021, 17:32 WIB
Ilustrasi hoax
Perbesar
Ilustrasi hoax

Liputan6.com, Jakarta - Indomie merupakan makanan instan yang digemari sebagian orang, namun dibalik rasanya yang digurih terdapat hoaks yang disebarkan oleh oknum.

Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri informasi viral seputar Indomie, hasilnya sejumlah informasi tersebut terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks seputar Indomie:

1. Indomie Bagikan Hadiah untuk Rayakan Hari Jadi Ke-60

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi tentang Indomie bagikan hadiah untuk merayakan hari jadi ke-60, informasi tersebut beredar dijejaring sosial WhatsApp.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi tentang Indomie bagikan hadiah merayakan hari jadi ke-60 berupa tautan, berikut informasi tersebut:

 

Indomie bagikan hadiah untuk merayakan hari jadi ke-60 tahun

Benarkah informasi Indomie bagikan hadiah merayakan hari jadi ke-60? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi tentang Indomie bagikan hadiah untuk merayakan hari jadi ke-60 tidak benar.

Indofood tidak melakukan pendistribusian hadiah gratis seperti yang disebutkan dalam pesan WhatsApp di atas dan mengimbau masyarakat untuk tidak mengklik tautan situs web apa pun yang diteruskan oleh aplikasi perpesanan.

 

2. MUI Haramkan Masako, Sasa, Ajinomoto dan Bumbu Indomie Goreng

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) menetapkan penyedap rasa Masako, Sasa Ajinomoto dan bumbu Indomie goreng haram karena mengandung babi.

Informasi MUI menetapkan Masako, Sasa, Ajinomoto dan bumbu Indomie goreng haram karena mengandung babi beredar di aplikasi percakapan WhastApp berupa tangkapan layar yang didalamnya terdapat logo MUI dan tulisan sebagai berikut:

"DIPERINGATKAN KPD SELURUH UMAT ISLAM TDK MEMBELI ATAU MENJUAL BUMBU MASAKAN/MAKANAN YG MENGANDUNG BABI ATAU BARANG HARAM

SBGMN DAFTAR DIBAWAH INI:

1. Masako; positif (mengandung babi);

2. Micin sasa; positif (mengandung babi);

3. Mincin ajinomoto positif (mengandung babi);

4Indomie goreng bumbunya ppositif (mengandung babi);

MUI Rilis 10 Desember 2020

TOLONG DI SHARE KE GRUP LAIN ATAU KPD TEMAN2 SEBANYAK MUNGKIN SESAMA MUSLIM SAMBIL BERIBADAH"

Benarkah MUI menetapkan Masako, Sasa, Ajinomoto dan bumbu Indomie goreng haram karena mengandung babi? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi MUI menetapkan Masako, Sasa, Ajinomoto dan bumbu Indomie goreng haram karena mengandung babi adalah hoaks.

Berdasarkan hasil audit dan penelusuran bahan yang dilakukan MUI, tidak ditemukan adanya kandungan babi pada produk tersebut sehingga MUI mengeluarkan Ketetapan Halal MUI.

 

3. Hoaks Order Indomie di Nigeria Pakai Drone

Netizen dihebohkan dengan video yang menggambarkan sebuah drone mengantarkan pesanan satu dus Indomie. Disebutkan kalau order Indomie memakai order ini di Lagos, Nigeria.

Cek Fakta Liputan6.com menemukan tiga akun yang mengunggah video drone mengantar satu dus Indomie di Lagos, yakni Segun Availeth Oyedele, Imo Udoima, dan Apati Ego.

Dalam video tersebut, drone tersebut juga menyediakan pembayaran dengan kartu. Begini narasi yang ada di video tersebut dalam akun Apati Ego:

"Pengiriman di Lagos menggunakan drone. Tonton video pengiriman Indomie pakai drone. Seberapa efektif hal ini di Lagos?"

Lalu benarkah ada pengiriman satu dus Indomie menggunakan drone di Lagos, Nigeria? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, Video yang menyebut order Indomie di Lagos, Nigeria menggunakan drone adalah hoaks. Faktanya, dengan menggunakan gambar terbalik itu diketahui kalau video tersebut dihasilkan oleh alat verifikasi InVID-WeBerify.

 

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓