Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Jokowi Naik Mobil Esemka

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 21 Apr 2021, 20:00 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 20:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Presiden Jokowi Naik Mobil Esemka (sumber: Facebook)
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Presiden Jokowi Naik Mobil Esemka (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim Presiden Jokowi tengah naik mobil Esemka beredar di media sosial. Foto tersebut diunggah akun Facebook Ratna ID pada 20 April 2021.

Dalam foto tersebut, terdapat gambar Jokowi tampak tengah duduk santai mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam. Terdapat juga empat ban mobil di dalam foto tersebut.

"Akhirnya Bisa Juga Gw Ngeliat Jokowi Naik Mobil ESEMKA

Met Bobo Bong.. ūüėė," tulis akun Facebook Ratna ID.

Konten yang disebarkan akun Facebook Ratna ID telah 9 kali direspons dan mendapat 8 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Jokowi tengah naik mobil Esemka. Berikut penelusurannya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto dengan Google Image.
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto dengan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim Presiden Jokowi tengah naik mobil Esemka. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat foto identik yang digunakan dalam beberapa artikel. Satu di antaranya artikel berjudul "Mobil 'Tak Kasat Mata' Ini Dijual dengan Harga Hanya Rp 23 Juta!" yang dimuat situs otosia.com pada 25 Juli 2016 lalu. Namun tidak ada gambar Jokowi dalam foto tersebut.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs otosia.com

Dalam artikel tersebut dijelaskan, bahwa seseorang di Linchburg, Virginia, Amerika Serikat, memutuskan untuk menjual mobil Chevrolet Fleetside lansiran 1984 dengan "modifikasi" yang awalnya bahan uji coba.

Seperti yang ditampilkan pada situs Craiglist, "modifikasi" pada Chevrolet tersebut meliputi cat khusus kamuflase kasat mata yang istimewa!

Sang penjual "mobil" spesial tersebut menyebut bahwa Chevroletnya memiliki mesin V8 dengan penggerak 4WD dengan kaca yang sangat bersih.

Pemiliknya rela melepas "mobil" yang istimewa tersebut dengan harga hanya 1.800 dolar Amerika atau berkisar Rp 23 juta.

Liputan6.com kemudian menemukan foto Jokowi yang tengah duduk bersantai, indentik dengan foto yang diklaim Jokowi tengah naik mobil Esemka.

Adalah artikel berjudul "Jokowi Capres Murni Muncul dari Publik" yang dimuat situs tempo.co pada 28 Oktober 2013 lalu. Berikut gambar tangkapan layarnya.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs tempo.co

Referensi:

https://www.otosia.com/berita/berminat-beli-mobil-dengan-modifikasi-kamuflase-ini-hanya-rp-23-juta.html

https://nasional.tempo.co/read/525130/jokowi-capres-murni-muncul-dari-publik

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim Presiden Jokowi tengah naik mobil Esemka ternyata tidak benar. Faktanya, foto yang diunggah akun Facebook Ratna ID adalah hasil manipulasi.

 

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓