Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Rizieq Shihab Diborgol dan Pakai Celana Pendek

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 21 Apr 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 20:28 WIB
Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Rizieq Shihab Diborgol dan Mengenakan Celana Pendek (sumber: Facebook)
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Rizieq Shihab Diborgol dan Mengenakan Celana Pendek (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tengah diborgol dan mengenakan celana pendek beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Yan Andriana Prabu Siliwangi pada 15 April 2021.

Dalam foto tersebut, Rizieq Shihab tampak digiring tiga polisi berpakaian preman. Rizieq juga terlihat mengenakan baju tahanan berwarna oranye, celana pendek hitam, dan kedua tangannya diborgol. Terdapat juga narasi dalam gambar tersebut.

"KETURUNAN NABI KOQ DI USIR DI ARA SAUDI A'NE DI USIR Di Indonesia A'NE DI BORGOL"

"Diriwayatkan Oleh Bukhari, No.1899 Muslim, No.1079, Dari Abu Hurairah Radhillahu'anhu Sesungguhnya Rasulullah SAW Bersabda: "Apabila Bulan Ramadhan Tiba, Pintu-pintu Surga Dibuka, Pintu-pintu Neraka Ditutup & Setan-setan / IBLIS Dibelenggu."👇👇😛🤪😛," tulis akun Facebook Yan Andriana Prabu Siliwangi.

Konten yang disebarkan akun Facebook Yan Andriana Prabu Siliwangi telah 3 kali dibagikan dan mendapat 326 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Rizieq Shihab diborgol? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto dengan Google Reverse Image
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto dengan Google Reverse Image

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tengah diborgol dan mengenakan celana pendek.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Reverse Image. Hasilnya terdapat foto identik yang dimuat beberapa artikel.

Satu di antaranya artikel berjudul "Jonru Ginting Ditahan di Rutan Cipinang" yang dimuat situs inews.id pada 28 November 2017. Dalam foto tersebut, bukan Rizieq Shihab yang diborgol, melainkan Jonru Ginting.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs inews.id

Dikutip dari artikel yang sama, Jon Riah Okur atau Jonru Ginting ketika itu ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur karena terlibat kasus dugaan ujaran kebencian.

 

Referensi:

https://www.inews.id/news/nasional/jonru-ginting-ditahan-di-rutan-cipinang

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tengah diborgol dan mengenakan celana pendek.

Faktanya, foto tersebut merupakan Jon Riah Okur atau dikenal Jonru Ginting, yang ketika itu berstatus tersangka kasus dugaan ujaran kebencian. Foto yang disebarkan akun Facebook Yan Andriana Prabu Siliwangi telah dimanipulasi atau diedit.

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓