Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Eks Anggota FPI akan Bunuh Diri Massal Jika Rizieq Shihab Tak Dibebaskan

Beredar foto yang diklaim eks anggota FPI akan bunuh diri massal apabila Rizieq Shihab tidak dibebaskan. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim eks anggota Front Pembela Islam (FPI) akan bunuh diri massal apabila Rizieq Shihab tidak dibebaskan beredar di media sosial. Foto tersebut diunggah akun Facebook Maya Sinta pada 12 April 2021.

Dalam foto tersebut, puluhan orang berseragam putih tampak berunjuk rasa. Terlihat juga sejumlah anggota kepolisian mengawal unjuk rasa tersebut. Terdapat juga sebuah narasi dalam foto tersebut.

"Mantan anggota x fpi. deklarasi. bersumpah akan bunuah diri masal apa bila HRS tidak di bebaskan kurang lebih 200 org bersumpah mbela hrs sampai mati"

"KADRUN MAU BUNUH DIRI MASSAL ASEEEK GW SETUJU ..

SECEPETNYA YA DRUN JNG PAKE LAMA ..

AMAN INDONESIA TANPA KADRUN ..🤭😂," tulis akun Facebook Maya Sinta.

Konten yang disebarkan akun Facebook Maya Sinta telah 4 kali dibagikan dan mendapat 50 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut, eks anggota FPI akan bunuh diri massal apabila Rizieq Shihab tidak dibebaskan? Berikut penelusurannya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim eks anggota Front Pembela Islam (FPI) akan bunuh diri massal apabila Rizieq Shihab tidak dibebaskan. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Search.

Hasilnya, terdapat foto serupa yang diunggah situs jpnn.com pada Jumat 16 Maret 2018. Dalam situs jpnn.com foto tersebut diberi narasi sebagai berikut:

"Massa FPI berdemo di Kantor Tempo, Jakarta, Jumat (16/3). Mereka memprotes karikatur yang dianggap menghina Ketua DPP FPI, Rizieq Shihab. Foto: Ricardo"

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs jpnn.com

 

Referensi:

https://www.jpnn.com/foto/nasional/21727/fpi-geruduk-kantor-tempo

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim eks anggota Front Pembela Islam (FPI) akan bunuh diri massal apabila Rizieq Shihab tidak dibebaskan ternyata tidak benar.

Faktanya, foto tersebut merupakan aksi unjuk rasa anggota ormas FPI di kantor Tempo pada 2018 lalu dan tidak terkait dengan bunuh diri massal apabila Rizieq Shihab tidak dibebaskan.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.