Sukses

Cek Fakta: Viral Video Rizieq Shihab dapat Penghargaan di Malaysia, Benarkah?

Beredar video yang diklaim Rizieq Shihab mendapat penghargaan di Malaysia. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab mendapat penghargaan di Malaysia beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Tri Esthi Handayani pada 31 Maret 2021.

Dalam video berdurasi 4 menit 23 detik itu, memperlihatkan acara penghargaan. Dua pembawa acara menyebutkan bahwa acara tersebut adalah malam anugerah Muslim Choice 2018. Dalam acara itu, Rizieq Shibab mendapat penghargaan kategori Ulama Award.

"ALHAMDULILLAH.HRS DPT.PENGHARGAAN DI MALAYSIA SEMENTARA DI NEGERI.SENDIRI DIHINA2...," tulis akun Facebook Tri Esthi Handayani.

Video yang disebarkan akun Facebook Tri Esthi Handayani telah 14 kali ditonton warganet.

Benarkah eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab mendapat penghargaan di Malaysia? Berikut penelusurannya.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab mendapat penghargaan di Malaysia.

Mula-mula penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "muslim choice award 2018" di kolom pencarian situs berbagi video YouTube.

Hasilnya terdapat video identik yang diunggah channel YouTube MazzikaRecord. Video tersebut berjudul "HABIB RIZIEQ SYIHAB MENDAPATKAN PENGHARGAAN DARI MOESLIM CHOICE AWARD" yang diunggah pada 13 Desember 2018 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube MazzikaRecord.

Penelusuran selanjutnya dilakukan dengan memasukkan kata kunci "moeslim choice award habib rizieq" di kolom pencarian situs Google Search. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai penghargaan yang diterima Rizieq Shihab.

Satu di antaranya artikel berjudul "Habib Rizieq Dapat Piala Ulama di Moeslim Choice Award 2018" yang dimuat situs suara.com pada 12 Desember 2018 lalu.

Suara.com - Pentolan FPI Habib Rizieq Shihab meraih penghargaan pada Malam Anugerah Moeslim Choice Award 2018. Rizieq meraih piala untuk kategori Ulama Awards.

Saat nama Habib Rizieq disebutkan oleh pemandu acara, pekik takbir terdengar di dalam ruangan dari para pengikutnya.

"Allahu Akbar!" teriak para pengikut Habib Rizieq.

Menantu dari Rizieq, Habib Muhammad Hanif bin Abdurrahman Alatas datang mewakili sang mertua yang kini masih bermukim di Mekah, Arab Saudi.

Menurutnya, sosok Rizieq memiliki sisi kemanusiaan yang sangat tinggi. Meski ia mengklaim jarang disorot media massa, Rizieq sering membantu masyarakat tanpa melihat latar belakang suku ataupun agama.

"Jangankan yang muslim, bahkan yang Buddha pun ikut dibantu di Rohingya, ini adalah salah satu sisi kemanusiaan yang jarang disorot," kata Habib Hanif dalam acara penghargaan bertajuk "Inspirasi Islam untuk Negeri" di Hotel Pullman, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Rabu (12/12/2018) malam.

Selain Habib Rizieq, sejumlah penceramah terkemuka yang juga mendapatkan penghargaan untuk kategori Ulama Awards, ialah Ustaz Adi Hidayat, Ustaz Haikal Hasan, dan Ustazah Munifah Syanwani.

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=dyJ0qqtiqtU

https://www.suara.com/news/2018/12/12/235258/habib-rizieq-dapat-piala-ulama-di-moeslim-choice-award-2018

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab mendapat penghargaan di Malaysia ternyata tidak benar.

Faktanya, Rizieq mendapat penghargaan dalam acara Moeslim Choice Award 2018. Acara tersebut digelar di di Hotel Pullman, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Rabu 12 Desember 2018.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.