Misinformasi Kian Menyebar, Facebook Uji Coba Label Post

Oleh Liputan6.com pada 13 Apr 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 13 Apr 2021, 19:00 WIB
Ilustrasi Facebook
Perbesar
Ilustrasi Facebook (Foto: unsplash.com/Alex Haney

Liputan6.com, Jakarta - Dalam upaya lebih memerangi misinformasi di platformnya, Facebook bereksperimen dengan menerapkan label pada beberapa postingan atau unggahan sehingga orang tidak kebingungan dalam memilih antara berita yang keliru dengan berita nyata. Pemberian label ini juga akan meliputi unggahan dari akun resmi, fanpage, dan halaman satir.

Saat ini, Facebook sedang menguji cara untuk memberikan konteks yang lebih banyak kepada pengguna saat melihat halaman tertentu. Hal ini bertujuan agar pengguna dapat memahami unggahan asal dari unggahan tersebut.

Label ini akan berada di bawah nama akun yang mengunggah unggahan tersebut. Label ini akan berbentuk tulisan kecil.

"Kami yakin orang-orang harus tahu jika berita yang mereka baca berasal dari publikasi yang mungkin berada di bawah pengaruh pemerintah," demikian pernyataan pihak Facebook, dilansir The Quint.

Bagi Facebook, ini bukan hal baru mereka lakukan. Sebelumnya Facebook juga telah melakukan pemberian label media yang berada di bawah kendali editorial pemerintah setempat. Hal ini dilakukan Facebook agar dapat menyajikan unggahan konten yang lebih bersih kepada penggunanya.

Sumber:

https://www.thequint.com/tech-and-auto/facebook-tests-adding-labels-to-posts-to-avoid-misinformation#read-more

 

(MG/Jihan Fairuz)

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Cek Fakta di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓