Cek Fakta: Tidak Benar Bandara Kertajati Melayani Servis Sepeda Motor

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 13 Apr 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 13 Apr 2021, 09:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Kabar tentang Bandara Kertajati Melayani Servis Sepeda Motor (sumber: Facebook)
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Kabar tentang Bandara Kertajati Melayani Servis Sepeda Motor (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Bandara Kertajati melayani servis sepeda motor beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook Maruto ADi pada 2 April 2021.

Akun Facebook Maruto ADi mengunggah foto Bandara Kertajati. Dalam foto tersebut terdapat spanduk bertuliskan "BENGKEL PESAWAT DAN HELIKOPTER JUGA MELAYANI SERVICE SEPEDA MOTOR".

"Bengkel Motor Kertajati

Alamat :

Kertajati, Majalengka Regency, West Java 45457

Mati Ketawahahaha Cara Repotnasi...," tulis akun Facebook Maruto ADi.

Konten yang disebarkan akun Facebook Maruto ADi telah 2 kali dibagikan dan mendapat 4 komentar warganet.

Benarkah Bandara Kertajati melayani servis sepeda motor? Berikut penelusurannya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang Bandara Kertajati melayani servis sepeda motor. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "bandara kertajati melayani servis motor".

Hasilnya tidak ada artikel dari media arus utama yang memberitakan kabar tersebut. Liputan6.com kemudian menemukan artikel yang menjelaskan bahwa Bandara Kertajati akan dialihfungsikan sebagai bengkel pesawat.

Adalah artikel berjudul "Ridwan Kamil: Bandara Internasional Kertajati Akan Difungsikan untuk 'Bengkel' Pesawat" yang dimuat situs Liputan6.com pada 30 Maret 2021.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, selain dioperasikan untuk mengangkut penumpang dan kargo, Bandara Internasional Kertajati akan difungsikan untuk Maintenance, Repair, Overhaul (MRO) atau perawatan pesawat.

"Bandara Kertajati akan difokuskan juga pada MRO sehingga semua pesawat bisa maintenance di sana," kata Ridwan dalam jumpa pers usai menghadiri Rapat Terbatas bersama Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (29/3/2021).

"Kita tahu juga bisnis bandara itu tidak hanya penumpang, ada juga kargo dan perawatan. Tadi dibahas agar Kertajati bisnis juga pada non penumpang, kalau kargo sudah dimulai," cetus pria yang akrab disapa Emil itu.

Emil mengatakan, ada maskapai penerbangan internasional yang minat membuka MRO di Bandara Internasional Kertajati. Hal itupun sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

"Juga saya laporkan ke Pak Presiden ada pihak penerbangan internasional di Asia yang juga berminat membuka MRO maskapainya di Kertajati," ujarnya.

Menurut Emil, Bandara Internasional Kertajati akan optimal beroperasi ketika Tol Cisumdawu selesai dibangun.

"Bandara Kertajati ini belum berfungsi optimal karena Tol Cisumdawu belum selesai. Tapi, tadi disampaikan Menteri PUPR bahwa Desember 2021 akan terhubung," ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) untuk pemanfaatan Bandara Internasional Kertajati sebagai MRO pesawat.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Panglima TNI dan Kasau untuk memanfaatkan kegiatan MRO di Kertajati, maka kita akan segera bangun dan kembangkan di lahan yang sudah ada secepatnya," ujar Budi.

"Ke depannya juga untuk pesawat pribadi yang selama ini melakukan perawatannya di luar negeri," kata dia menambahkan.

Budi juga memastikan, sesuai arahan Presiden RI, Bandara Internasional Kertajati akan dikonsentrasikan untuk umrah dan haji warga Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah.

"Sesuai arahan Presiden, umrah dan haji warga Jabar dan sebagian Jateng kita konsentrasikan di Kertajati," katanya.

 

Referensi:

https://www.liputan6.com/regional/read/4519119/ridwan-kamil-bandara-internasional-kertajati-akan-difungsikan-untuk-bengkel-pesawat

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kesimpulan

Kabar tentang Bandara Kertajati melayani servis sepeda motor ternyata tidak benar. Faktanya, Bandara Kertajati rencananya akan dialihfungsikan menjadi menjadi bengkel pesawat. Foto yang disebarkan akun Facebook Maruto ADi diduga hasil suntingan.

 

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓