Sukses

Video Hoaks Sepekan: Cacing dalam Masker hingga Menag Yaqut Diusir Warga

Beberapa video hoaks telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com selama sepekan. Berikut rangkumannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk video.

Misalnya saja video diklaim ada cacing pada masker, klaim tersebut diunggah akun Youtube BOTAK BERSINAR, pada 7 April 2021.

Video yang mengklaim ada cacing pada masker menampilkan masker yang diberi uap air panas di atas sebuah wadah, kemudian pada masker tersebut muncul sesuatu berbentuk hitam dan panjang.

Video berdurasi 2.36 menit tersebut diberi judul "Masker impor china ada cacing atau ulat || waspada".

Namun setelah ditelusuri, video yang mengklaim ada cacing pada masker tidak benar.

Sesuatu yang diklaim sebagai cacing pada masker adalah serat kain yang bergerak karena proses fisik.

Selain video yang diklaim cacing dalam masker impor dari China, terdapat beberapa video hoaks lain yang telah ditelusuri. Berikut rangkumannya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Detik-Detik Kilang Pertamina Meledak

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video detik-detik kilang Pertamina meledak. Klaim tersebut diunggah akun Facebook Sinopsi Dayaknes.

Klaim video detik-detik kilang Pertamina meledak menampilkan sebuah bangunan berwarna perak yang terdapat api dalam 1 detik meledak, setelah itu kobaran api dan kepulan asap hitam semakin membesar.

Pada detik ke-11 tayangan video tersebut berubah, menampilkan kobaran api. Pada video tersebut terdapat narasi suara "Akhir jaman, Pertamina terbesar kilang minyak terbesar se Asia meledak jam 00.40 menit, sempat mengeluarkan ledakan empat kali"

Pada detik ke 0.51 narasi suara "Pertamina Balongan tempat pengisan bahan bakar meledak di Inramayu, kalau di RU VI aman. Akibat karena petir katanya. Api nambah gede terus,"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:"Cuplikan detik detik Kilang Minyak Pertamina Meledak di Balongan Informasi ini berdasarkan rilis dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Senin. Diduga, ketiga orang itu terpental ke sawah saat melewati jalan Balongan setelah pulang dari pondok pesantren. Selain itu, ada lima orang menderita luka berat dan 15 orang mengalami luka ringan. BNPB juga melaporkan, ratusan warga mengungsi akibat ledakan ini. Ada tiga titik lokasi pengungsian yakni GOR Kompleks Perum Pertamina Bumi Patra (200 pengungsi), Pendopo Kantor Bupati Indramayu (300 pengungsi), dan Gedung Islamic Center Indrayu (392 pengungsi). Adapun kerugian materiil akibat ledakan yakni tiga unit tank product Premium 42 T 301 A / B / C terbakar. Masih berdasarkan keterangan BNPB, saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) Kabupaten Indramayu telah berkoordinasi dengan TNI/Polri dan Basarnas setempat guna melakukan evakuasi warga setempat serta para pekerja. Selain itu, BPBD Kabupaten Indramayu masih melakukan pendataan di lokasi terbakarnya kilang minyak PT Pertamina itu."

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video detik-detik kilang Pertamina meledak sebagian salah.

Tayangan awal dalam video tersebut bukan kebakaran kilang Pertamina, video tersebut beredar sebelum kilang Balongan yang dikelola Pertamina terbakar dan meledak pada Senin dini hari ini (29/3/2021).

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

 

3 dari 4 halaman

Video Menag Yaqut Diusir Warga

Video yang diklaim Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas diusir warga beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Armaya pada 3 Januari 2021.

Dalam video berdurasi 59 detik memperlihatkan seorang pria berpeci merah tengah berdebat dengan pria yang mengenakan batik.

Si pria berpeci merah terlihat memperingati si pria berbajut batik sambil mengangkat jari telunjuknya. Tampak juga beberapa orang lain yang mengelilingi dua orang yang berdebat tersebut.

Terdapat juga sebuat narasi dalam video tersebut. Berikut isinya:

"YAQUT KENA BATUNYA

Menteri T*l*lransi"

Akun Facebook Armaya kemudian mengaitkan video tersebut dengan peristiwa diusirnya Menag Yaqut oleh sejumlah warga.

"Menteri agama di usir di kesultanan siak....????" tulis akun Facebook Armaya.

Video yang disebarkan akun Facebook Armaya telah 799 kali dintonton dan mendapat 8 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, video yang diklaim Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas diusir warga ternyata tidak benar.

Faktanya, video tersebut peristiwa penolakan warga terhadap acara Kirab Satu Negeri, Zikir Kebangsaan di Kabupaten Siak pada September 2018 lalu. Pria dalam video tersebut bukan Menag Yaqut, melainkan Ketua GP Ansor Riau Purwaji.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.