Sukses

Untuk Hindari Hoaks, Netizen Harus Lebih Cermat Pilih Informasi

Netizen diharapkan tidak mudah membagikan informasi yang tidak jelas sumbernya.  

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut Hari Penyiaran Nasional, 1 April lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali mengingatkan seluruh masyarakat agar tidak mudah percaya informasi yang belum jelas atau mungkin hoaks.

Kominfo pun mengajak seluruh netizen atau warganet agar lebih cermat mengetahui sumber dari segala informasi.

“Kami harap netizen tidak mudah membagikan informasi yang tidak jelas sumbernya,” kata Staf Khusus Kominfo bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Transformasi Digital dan Hubungan Antar-Lembaga, Rosarita Niken Widiastuti dalam sebuah acara webinar, dilansir Antara.

Jika memperoleh suatu informasi, netizen sebaiknya mencermati informasi yang didapatkan tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan mengecek fakta dari informasi tersebut.

Pengecekan fakta dapat dengan mudah dilakukan, seperti membandingkan dengan situs berita lain, jika terdapat unsur multimedia seperti foto dan video dapat diperiksa. Perhatikan juga judul yang memiliki unsur provokatif.

 

Saksikan Video Cek Fakta di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi Media

Niken juga mengapresiasi media massa (cetak, digital, radio, dan televisi) dalam hal mengecek fakta mandiri dan memberikan penjelasan berupa klarifikasi terhadap informasi hoaks, terutama yang berkaitan dengan pandemi COVID-19 dan vaksin.

“Untuk menyadarkan masyarakat bahwa sebuah berita tidak benar. sinergi dengan media sungguh sangat membantu pemerintah untuk klarifikasi hoaks” kata Niken.

Kominfo tidak hanya berkolaborasi dengan media massa untuk memberantas hoaks. Kominfo sendiri memiliki tim internal guna mengecek kebenaran informasi yang diterima dan memberikan penjelasan jika informasi tersebut tidak benar atau hoaks.

 (MG/Jihan Fairuz)

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.