Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Sapi Hanyut Dalam Video Ini Terbawa Arus Banjir NTT

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video sejumlah sapi hanyut terbawa arus banjir NTT

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video sejumlah sapi hanyut terbawa arus banjir NTT, video sapi hanyut diunggah akun Faceboo Chunez Magandta, pada 4 April 2021. Video yang diunggah menampilkan sejumlah sapi yang terbawa arus sehingga hanya terlihat pada bagian kepalannya saja.

 Klaim video sejumlah sapi hanyut terbawa arus banjir NTT tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"20 orang warga korban banjir bandang di Desa Nelelamadiken, Ile Boleng, Flores Timur dievakuasi. Proses evakuasi korban bencana ini dibantu warga dari beberapa desa di Ile Boleng.

Saat ini sudah ada 20 orang meninggal dunia yang dievakuasi. Korban diduga masih terus bertambah sebab rata-rata rumah warga tertimbun lumpur. Para korban masih membutuhkan bantuan berupa tim medis, dokter, obat-obatan dan tenda.

#BanjirBandang #FloresTimur #Ntt #Evakuasi #KorbanBanjir #prayforntt"

Benarkah klaim video sejumlah sapi hanyut terbawa arus banjir NTT? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video sejumlah sapi hanyut terbawa arus banjir NTT dengan menggunakan Google Image.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video sejumlah sapi hanyut terbawa arus bajir NTT

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Río desbordado arrastra ganado de vacas en Nayarit VIDEO" yang dimuat situs elmanana.com.mx, pada 28 Juli 2020.

Artikel situs elmanana.com.mx memuat video dan foto yang identik dengan klaim video sapi hanyu terbawa arus banjir NTT.

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video sejumlah sapi hanyut terbawa arus banjir NTT

Artikel situs elmanana.com.mx menyebutkan, sekitar 20 sapi terseret luapan arus Sungai El Conchal yang terletak di kotamadya Zacualpan, negara bagian Nayarit, setelah lewatnya Badai Hanna di wilayah tersebut.

Dalam Artikel situs elmanana.com.mx mencantumkan unggahan akun Instagram @chicapicosa2, yang mengunggah video serupa pada 29 Juli 2020.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video sejumlah sapi hanyut terbawa arus banjir NTT

Unggahan tersebut diberi keterangan dalam Bahasa Spanyol:

 

"🙏 El #HuracánHanna deja graves afectaciones a la población.Nayarit se desbordó el #RíoZacualpan, por lo que el ganado fue arrastrado por el agua."

 

Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia sebagai berikut:

 

"🙏 # HuracánHanna berdampak serius pada populasi.Nayarit meluap dari # RíoZacualpan, sehingga ternak terseret ke air." 

 

Sumber: 

https://elmanana.com.mx/rio-desbordado-el-conchal-zacualpan-arrastra-ganado-de-vacas-en-nayarit-video/

https://www.instagram.com/tv/CDM5LgxhBN2/?utm_source=ig_embed

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video sejumlah sapi hanyut terbawa arus banjir NTT tidak benar. 

Fakta sebenaranya, sejumlah sapi tersebut  terseret luapan arus Sungai El Conchal yang terletak di kotamadya Zacualpan, negara bagian Nayarit. Video tersebut juga telah beredar pada Juli 2020 sebelum peristiwa banjir bandang NTT, pada Minggu 4 April 2021.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.