Sukses

Peringati Hari Pemeriksa Fakta Dunia, Google Bagikan Tips Memeriksa Konten Online

Berikut cara untuk menentukan keaslian konten secara online

Liputan6.com, Jakarta- Hari Pemeriksaan Fakta Dunia jatuh pada 2 April, untuk memperingatinya Google telah membagikan daftar tips yang dapat menentukan konten yang tersebar di internet tersebut asli atau palsu secara online.

Google menyebutkan beberapa fitur untuk mengenali informasi salah yang tersebar secara online, dikuti dari firstpost.com berikut cara untuk menentukan keaslian konten secara online:

Menggunakan Google Maps atau Earth

Pengguna Google Earth atau Maps dapat memverifikasi apakah gambar telah diambil di lokasi seperti yang diklaim. Google Maps dapat membuat pengguna memahami apakah jalan dan lokasi itu asli sementara Google Earth membantu dalam menentukan bagaimana suatu tempat terlihat dalam kenyataan.

Menelusuri Google Image untuk Mengetahu Keasilan Gambar

Jika sebuah gambar dicari secara terbalik oleh pengguna menggunakan 'Search Google for Image' maka mereka dapat memeriksa konteks yang telah digunakan sebelumnya. Pengguna dapat mengklik kanan pada gambar dan mencarinya di Google.

Pemeriksa Fakta 

Pengguna Google juga dapat berkonsultasi dengan pemeriksa fakta di seluruh dunia untuk mengetahui apakah mereka telah menulis tentang gambar, klaim, atau konten tertentu. Dengan menggunakan fitur Penjelajah Fact-check, pengguna dapat mencari topik yang sedang mereka selidiki.

Membaca Berita

Menelusuri topik di Google dan memilih opsi 'Berita' juga bisa menjadi cara lain untuk menemukan informasi yang salah. Semua berita yang terkait dengan subjek tertentu akan ditampilkan di bagian tersebut. Pengguna juga dapat mengunjungi news.google.com untuk mencari berita saja.

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.