Sukses

Simak Kumpulan Hoaks Tentang Ikan, dari Anak Durhaka sampai Duyung

Berikut kumpulan hoaks seputar ikan

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks bisa menggunakan objek apa saja, salah satu yang kerap dimanfaatkan untuk menjadi bahan informasi bohong tersebut adalah ikan. Biasanya informasi tersebut disajikan dengan gambar dan kalimat yang menimbulkan kehebohan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar ikan yang berdar di media sosial, hasilnya informasi tersebut adalah hoaks .

Berikut kumpulan hoaks seputar ikan yang beredar di media sosial, hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Informasi Rekaman Ikan Duyung yang Sebenarnya

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi rekaman ikan duyung yang sebenarnya. Informasi terebut berupa artikel berjudul "Betul betul Tidak Dapat Percaya Mata Sendiri,Aneh Kejadian Rekaman Ikan Duyung Yang Sebenarnya" yang dimuat situs viralinfoindo.xyz.

Berikut isi artikel informasi rekaman ikan duyung yang sebenarnya tersebut:

"Seputar DuniaDalamBerita.com - Heboh, sebuah rekaman video putri duyung betul-betul membuat kita tidak percaya dengan mata sendiri?

Adakan Ikan 'Duyung' Satu Lagenda atau betul-betul wujud di dunia kita? Sudah ada banyakrakaman ikan 'duyung' alir keluar kat internet

Dikutip dari sebuah website brilio.net dari Hmetro, Senin (10/4), lelaki yang berusia 39 tahun ditettapkan sebbagai terssangka karrena merekkam sebuah video darri bawah rok seorang wanita dengan menggunakan kamera yang disembunyikan di dalam sepatu.

Pria ini melakukan aksinya menjelang siang pada pukul 09.30 waktu setempat di Pasar Tani Giant, Alor Setar, Kedah, Malaysia. Sang korban, wanita berusia 38 tahun mengaku terkejut sebab tiba-tiba seorang pria di sampingnya dipukul beramai-ramai. Ketika itu korban tengah berada di sebuah kedai ingin membeli kue.

Kepala kepolisian setempat, Mohd Rozi Jidin menuturkan bahwa warga memergoki perbuatan pria iseng tersebut sebelum beramai-ramai memukulinya. dari Pellakunya juga kedappattan tellah memasukkan sebuah kakinya di sebuah sela-sela kaki si korban "Ketika kejadian itu korban tidak menyadari perbuatan pelaku yang merekam video itu yang telah dihubungkan dengan Iphone 6 Plus miliknya," terang Mohd Rozi Jidin.

Menurut Rozi, pelaku dapat dikenai Pasal 294 dan 509 Kanun Keseksaan Malaysia, serupa Kitab Undang-Undnag Hukum Pidana di Indonesia."Khalayak kemudian menyerahkan pelaku kepada pihak kepolisian"

Benarkah informasi rekaman ikan duyung yang sebenarnya? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi rekaman ikan duyung yang sebenarnya tidak benar.

Isi artikel tersebut tidak mengulas tentang rekaman ikan duyung yang sebenarnya melainkan tentang lelaki yang ditangkap karena merekam video dari bawah rok perempuan dengan kamera tersembunyi di sepatunya.

 

2. Bayi Hiu Berwajah Manusia Disebut Anak Durhaka

Klaim Bayi Hiu Berwajah Manusia Disebut Anak Durhaka. (Facebook)

Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah unggahan yang menyebut penemuan bayi hiu berwajah manusia. Bahkan, seorang netizen menyebut hiu itu sebagai manusia yang durhaka.

Klaim ini bisa ditemukan di akun Facebook atas nama Bundafatih yang diunggah pada Kamis (25/2/2021). Dia menyebut bayi hiu berwajah manusia itu seperti kasus anak durhaka yang terkutuk.

Dalam unggahannya, Bundafatih juga menyertakan sebuah artikel yang mengarah ke situs rakyat-62.xyz. Begini judul artikel tersebut:

"Menyeramkan, Bayi Ikan Hiu Berwajah Manusia, Seperti Kasus Manusia Durhaka yang Terkutuk."

Namun, ketika tautan itu dibuka, Cek Fakta Liputan6.com tidak bisa menemukan isi artikelnya. Lalu, benarkah bayi hiu berwajah manusia itu merupakan anak durhaka? Simak penjelasannya di halaman berikut.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim bayi hiu berwajah manusia yang disebut sebagai anak durhaka merupakan informasi yang salah.

Faktanya, bayi hiu itu mengalami kelainan genetik.

 

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

3. Ikan Hiu Nyangkut di Tiang Listrik karena Badai Laura

Hoaks ikan hiu nyangkut di tiang listrik karena badai laura. (Facebook/Tyrone Williams)

Media sosial Facebook dihebohkan dengan foto unggahan akun Reddit combatpaddler. Akun itu menyebutkan ada ikan hiu yang menyangkut di tiang listrik akibat Badai Laura.

Begini narasi yang dibuat akun combatpaddler untuk ikan hiu menyangkut di tiang listrik:

"Kekuatan gila dari Badai Laura. Hiu di kabel listrik."

Foto tersebut kemudian viral di Facebook. Salah satu akun Facebook yang mengunggah foto tersebut adalah Tyrone Williams dengan narasi sebagai berikut:

"Semua orang mengira ini merupakan film, tidak akan pernah terjadi. Namun, tornado hiu itu nyata!!"

Lalu, benarkah ada ikan hiu yang menyangkut di tiang listrik karena Badai Laura? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Informasi yang menyebut ikan hiu menyangkut di tiang listrik karena Badai Laura merupakan disinformasi. Faktanya, foto ikan hiu yang tersangkut di tiang listrik tidak disebabkan oleh Badai Laura, tetapi karena kecelakaan yang terjadi di jembatan Dog River, di mana sebuah perahu nelayan jatuh dan muatan perahu tumpah ke jalan di bawahnya.

 

4.  Ikan Siluman Tertangkap di Laut Cina Selatan

 

Hoaks Ikan Siluman. (Facebook/Nobita Arahman NurngaLdi)

Cek Fakta Liputan6.com menemukan dua akun di Facebook yang menunggah video soal stasiun televisi Vietnam melaporkan bahwa seekor ikan humanoid ditangkap di Laut Cina Selatan.

Dua akun yang menggunggah video ikan humanoid ditangkap di Laut Cina Selatan adalah Nobita Arahman NurngaLdi dan Mugijaya Kedungdowo. Bahkan, salah satu di antara mereka menyebutnya sebagai ikan siluman karena memiliki tangan seperti manusia.

"Menurut saya ini jenis ikan siluman.

TV Vietnam melaporkan bahwa seekor ikan humanoid ditangkap di Laut Cina Selatan. Dengan tangan, dada dan perut sama menyerupai manusia.

Para nelayan ketakutan dengan keringat dingin. Sekarang telah diserahkan ke departemen penelitian ilmiah untuk melihat apakah itu adalah makhluk atau spesies mutan yang belum pernah ditemukan manusia. Dunia nyata sedang berubah.."

Benarkah ada seekor ikan humaniod yang ditangkap di Laut Cina Selatan? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Video yang menyebut stasiun televisi Vietnam melaporkan bahwa seekor ikan humanoid ditangkap di Laut Cina Selatan adalah hoaks. Faktanya, itu adalah karya seni ciptaan seorang seniman asal Myanmar. Tampilan makhluk tersebut bernapas disebabkan adanya motor di bagian tenggorokannya, yang sengaja ditambahkan agar muncul kesan 'natural'.

 

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Seputar Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.