Sukses

Kumpulan Foto Hoaks dari Binatang Tanda Kiamat sampai Kebakaran Masjid

Berikut foto hoaks hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks berupa foto kerap kita jumpai  saat menggunakan media sosial, biasanya foto tersebut telah mengalami editan dan diberi keterangan tidak sesuai dengan faktanya.

Cek Fakta Liputan6.com telah mendapati sejumlah foto hoaks yang beredar di media sosial, hasil dari penelusuran, ada pun foto hoaks tersebut berupa penampakan binatang pembawa kiamat hingga seorang buzzer.

Berikut foto hoaks hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Foto Dabbah Hewan Tanda Kiamat di Israel 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kemunculan dabbah

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim kemunculan dabbah hewan tanda kiamat di Israel, klaim foto tersebut dimuat dalam artikel "Ya Allah, Dabbah Telah Muncul Di Israel, Binatang Pesan Tanda Kiamat" oleh situs portalnegeri.co, pada 23 Januari 2021.

Foto yang diklaim kemunculan Dabbah hewan tanda kiamat di Israel yang diunggah menampilkan mahluk berbentuk panjang hitam mengkilap dan terlihat memilik empat kaki.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Binatang Ini Bernama Dabbah Serta Berulang-Kali Dimaksud Rasulullah SAW Sebagai Salah Satu Sinyal Dekatnya Kiamat."

Benarkah foto kemunculan dabbah hewan tanda kiamat di Israel? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto kemunculan dabbah hewan tanda kiamat di Israel tidak benar.

Makhluk dalam foto tersebut adalah kadal-ular kecil, nama latinnya Lygosoma quadrupes.

 

2. Orang dalam Foto Ini adalah Buzzer

Cek Fata Liputan6.com menelusuri klaim foto buzzer,

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim buzzer. Foto tersebut diunggah akun Facebook Susetyo Nugroho, pada 19 Maret 2021.

Foto yang diunggah merupakan tangkapan layar unggahan akun Facebook Marsani Sutejo yang menampilkan seorang berambut panjang sedang duduk mengahdap ponsel berjajar.

Pada foto buzzer tersebut terdapat tulisan sebagai berikut:

"cebong itu sebenarnya gak banyak, 1 ekor cebong mungkin bisa punya 20-50 akun di medsos... mereka harus begitu karena hanya dgn cara itulah mereka bisa dapet duit buat makan ..... jika perlu, mereka bikin berita hoax dan fitnah sana sini, atau bahkan sekedar bikin meme yg sangat murahan ... karena memang spt itulah kapasitas mereka"

Kemudian pada bagian foto terdapat tulisan berikut:

"salah satu buzzeRp rezim firaun yang berhasil tercolong kamera....pantes aja mereka kerja keras utk menghancurkan Islam....modalnya sudah byk yg dikeluarkan utk bayar buzzeRp dan hp utk buat puluhan akun, dsb, dll,dkk. # Hancur negara Indonesia"

Benarkah klaim foto buzzer? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

3. Foto AC Masjid Meledak Saat Waktu Salat, 20 Jamaah Meninggal Dunia

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim AC Masjid Meledak dan Menyebabkan 20 Jamaah Meninggal Dunia.

 Sebuah foto yang diklaim masjid mengalami kebakaran karena AC meledak beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan situs suara.prabumulihpos.com dengan judul artikel "AC Masjid Meledak Saat Waktu Sholat, Sebanyak 20 Jamaah Meninggal Dunia".

Dalam foto tersebut, tampak bagian kubah sebuah masjid terbakar. Beberapa bangunan di depannya juga tampak hancur dilahap si jago merah. Selain itu, terlihat juga asap hitam mengepul di lokasi kebekaran.

Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan peristiwa AC masjid meledak saat waktu salat hingga mengakibatkan 20 jamaah meninggal dunia.

Benarkah foto tersebut menggambarkan masjid kebakaran karena AC meledak? Berikut penelusurannya.

 Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto yang diklaim masjid mengalami kebakaran karena AC meledak hingga menyebabkan 20 jamaah meninggal dunia ternyata tidak benar.

Faktanya, foto tersebut merupakan peristiwa kebakaran di Masjid Takarub, Desa Alue Bungkoh, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara. Diduga penyebab masjid kebakaran karena korsleting listrik.

 

4. Foto Perempuan Berjilbab Seorang PKI

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto perempuan berjilbab seorang PKI

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang dikalim perempuan berjilbab seorang PKI.

Foto yang diklaim perempuan berjilbab seorang PKI diunggah akun Facebook Inung Karunia, pada 21 Maret 2021.

Foto tersebut menampilkan seorang perempuan menggunakan jilbab, terdapat kain merah dan logo komunis palu arit dikenakan pada bagian lehernya. Dalam foto tersebut terdapat tulisan sebagai berikut:

"2 Jam Baru Paham

Pantesan mereka punya bendera PKI BIKIN SENDIRI DIBAKAR SENDIRI

PKI berkedok JUBAH".

Foto tersebut diberi keterangan sebafai berikut:

"Oalaaaa iya iya BARU PAHAM"

Benarkah klaim foto perempuan berjilbab seorang PKI? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto perempuan berjilbab seorang PKI tidak benar.

Foto tersebut merupakan aktivis komunis Arab yang sedang memprotes serangan Israel di Gaza.

 

 

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.