Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Pertamina, dari BBM Gratis sampai Lowongan Kerja

Berikut hoaks seputar Pertamina.

Liputan6.com, Jakarta- PT Pertamina (persero) merupakan BUMN besar besar Indonesia, perannya dalam penyediaan energi di Tanah Air sangat penting bagi kepentingan masyarakat, perusahaan tersebut pun kerap dijadikan objek bahan hoaks dengan tujuan tertentu dari lowongan kerja hingga fasilitas yang diberikan perusahaan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah telah membuktikan sejumlah hoaks yang beredar seputar Pertamina melalui penelusurannya, berikut hoaks seputar Pertamina:

1. Pertamina Bagikan Dana Bantuan Covid-19 Lewat SMS

Kabar tentang PT Pertamina (Persero) membagikan dana bantuan Covid-19 beredar di media sosial. Kabar terserbut beredar lewat pesan singkat atau SMS pada Rabu 24 Maret 2021.

Pesan tersebut berisi pemberitahuan bahwa pemilik nomor telepon yang menerima SMS telah terpilih meraih dana bantuan Covid-19 dari PT Pertamina Persero.

Berikut isi pesannya:

"( INFO RESMI )

slamat simcard anda trplih meraih dana bntuan COVID 19 dr PT PERTAMINA PERSERO

ID (385ua27) klik ID.anda Di

www.program-pertamina24.cf," demikian isi pesan tersebut.

Benarkah PT Pertamina (Persero) membagikan dana bantuan Covid-19 seperti dalam SMS tersebut? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, kabar tentang PT Pertamina (Persero) membagikan dana bantuan Covid-19 lewat SMS ternyata tidak benar atau hoaks.

Faktanya, PT Pertamina (Persero) tidak pernah membagikan dana bantuan Covid-19, apalagi yang beredar lewat SMS. Tautan yang disematkan dalam SMS tersebut bukan situs resmi dari PT Pertamina (Persero).

 

2. Informasi Lowongan Kerja Pertamina yang Berakhir 10 Februari 2021

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi lowongan kerja pegawai PT Pertamina (Persero) yang akan berakhir 10 Februari 2021.

Informasi lowongan kerja pegawai Pertamina yang akan berakhir 10 Februari 2021 beredar di aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi tersebut:

Informasi lowongan kerja pegawai Pertamina

Benarkah informasi lowongan kerja pegawai Pertamina yang berakhir 10 Februari 2021? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com,  informasi lowongan kerja pegawai Pertamina yang berakhir 10 Februari 2021 tidak benar.

Informasi tentang lowongan kerja Pertamina hanya bisa diakses di situs resmi Pertamina, pertamina.com

 

3.  Isi BBM Gratis pada 29 dan 30 Februari 2021

Kabar tentang gratis mengisi bahan bakar minyak (BBM) pada 29 dan 30 Februari 2021 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook Dunia Anak pada 6 Februari 2021.

Akun Facebook Dunia Anak mengunggah gambar suasana SPBU Pertamina. Dalam gambar tersebut tampak beberapa petugas SPBU yang tengah menyambut konsumen.

Terdapat juga narasi berisi pemberitahuan gratis mengisi BBM pada 29 dan 30 Februari.

"Pemberitahuan...

Pada tanggal 29 dan 30 Februari, SPBU di seluruh indonesia memberi gratis Bahan bakar Premium, Pertalite, Pertamax, Dan Solar. Untuk pengendara mobil dan sepeda motor. Hanya berlaku Dua hari saja Pada tanggal 29 dan 30 Februari

"Jangan lewatkan kesempatan langka ini," tulis akun Facebook Dunia Anak.

Benarkah kabar tentang gratis mengisi bahan bakar minyak (BBM) pada 29 dan 30 Februari 2021? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, kabar tentang gratis mengisi bahan bakar minyak (BBM) pada 29 dan 30 Februari 2021 ternyata tidak benar alias hoaks. Kabar hoaks serupa pernah viral pada 2017 lalu.

 

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.