Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Tempat Ibadah, Simak Faktanya

Berikut kumpulan hoaks seputar tempat ibadah

Liputan6.com, Jakarta- Tempat ibadah menjadi salah satu objek yang dijadikan bahan hoaks, sejumlah informasi palsu tersebut pun beragam bentuknya dari foto, teks dan video.

Sejumlah hoaks tentang tempat ibadah pun telah dibuktikan Cek Fakta Liputan6.com melalui penelusurannya.

Berikut kumpulan hoaks seputar tempat ibadah hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Foto Gereja Dibangun Pakai Tulang-Belulang Umat Islam

Hoaks gereja dibangun pakai tulang umat Islam. (Facebook/Puhai ACEH)

Media sosial Facebook sedang dihebohkan dengan foto gereja di Portugal yang dibangun menggunakan tulang belulang umat Islam. Gereja itu mereka sebut bernama Gereja Capela dos Ossos di Evora, Portugal.

Dengan data dari CrowdTangle, fitur insight publik yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan tiga akun di Facebook yang menyebut foto gereja di Portugal dibangun menggunakan tulang belulang umat Islam.

Tiga akun itu adalah Puhai ACEH, Aisyah, dan Muslim menjawab. Narasi yang mereka buat untuk foto tersebut hampir mirip, yakni sebagai berikut:

"Ini adalah gereja yang dibangun dari tulang-tulang umat Islam yang menolak untuk dikristenkan di Andalusia, dan gereja ini terletak di Portugal. Satu di antara tempat-tempat wisata yang terbuka untuk pengunjung, kami menemukan Gereja Capela dos Ossos di kota Evora Portugis yang dibangun sepenuhnya oleh seorang biarawan Fransiskan seluruhnya dari tulang-tulang kaum Muslim Andalusia yang terbunuh dan dikuburkan di kuburan massal di dekat tempat lokasi gereja

Dalam Gereja ini juga terdapat dua mayat kering yang digantung di dinding dengan rantai, dan salah satu dari mayat ini milik seorang anak Muslim yang dicekik dan kemudian dikeringkan untuk disimpan di dalam gereja."

Lalu, benarkah ada gereja di Portugal yang dibangun dengan tulang-belulang umat Islam? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Dengan penjelasan tersebut, foto yang menyebut sebuah gereja di Portugal dibangun dengan tulang-belulang umat Islam adalah salah. Faktanya, gereja tersebut dibangun dari tulang dan tengkorak biarawan sebagai pengingat kefanaan duniawi.

 

2. Judul Artikel Tentang Desain Masjid Hadiah Pangeran Arab Ini Tak Sesuai Aslinya

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim judul artikel "Mewah, Inilah Desain Masjid Hadiah Pangeran Arab untuk Jokowi di Solo, Sabtu Besok Mulai Dibangun,Kalau Bisa Kardun Jangan Sholat di Sini,Sebab Mengganggu".

Klaim judul artikel tersebut diunggah Unggul Abimanyu, pada 4 Maret 2021. Unggahan tersebut berupa judul artikel "Mewah, Inilah Desain Masjid Hadiah Pangeran Arab untuk Jokowi di Solo, Sabtu Besok Mulai Dibangun,Kalau Bisa Kardun Jangan Sholat di Sini,Sebab Mengganggu".

Dalam tangkapan layar tersebut terdapat foto Masjid Shaikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi.

Kemudian tangkapan layar tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Terimakasih pangeran arab dan pak presiden..."

Benarkah judul artikel "Mewah, Inilah Desain Masjid Hadiah Pangeran Arab untuk Jokowi di Solo, Sabtu Besok Mulai Dibangun,Kalau Bisa Kardun Jangan Sholat di Sini,Sebab Mengganggu"? Simak penelusuran Cek Fakta Luputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim artikel "Mewah, Inilah Desain Masjid Hadiah Pangeran Arab untuk Jokowi di Solo, Sabtu Besok Mulai Dibangun,Kalau Bisa Kardun Jangan Sholat di Sini,Sebab Mengganggu" tidak benar.

Kalimat dalam judul artikel tersebut telah ditambah dari judul aslinya, "Mewah, Inilah Desain Masjid Hadiah Pangeran Arab untuk Jokowi di Solo, Sabtu Besok Mulai Dibangun".

 

3. Foto AC Masjid Meledak Saat Waktu Salat, 20 Jamaah Meninggal Dunia

 Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim AC Masjid Meledak dan Menyebabkan 20 Jamaah Meninggal Dunia.

Sebuah foto yang diklaim masjid mengalami kebakaran karena AC meledak beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan situs suara.prabumulihpos.com dengan judul artikel "AC Masjid Meledak Saat Waktu Sholat, Sebanyak 20 Jamaah Meninggal Dunia".

Dalam foto tersebut, tampak bagian kubah sebuah masjid terbakar. Beberapa bangunan di depannya juga tampak hancur dilahap si jago merah. Selain itu, terlihat juga asap hitam mengepul di lokasi kebekaran.

Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan peristiwa AC masjid meledak saat waktu salat hingga mengakibatkan 20 jamaah meninggal dunia.

Benarkah foto tersebut menggambarkan masjid kebakaran karena AC meledak? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto yang diklaim masjid mengalami kebakaran karena AC meledak hingga menyebabkan 20 jamaah meninggal dunia ternyata tidak benar.

Faktanya, foto tersebut merupakan peristiwa kebakaran di Masjid Takarub, Desa Alue Bungkoh, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara. Diduga penyebab masjid kebakaran karena korsleting listrik.

4. Foto Raja UEA di Kuil 

Klaim Raja UEA foto bareng 2 biksu. (Facebook)

Sebuah foto pria berpakaian tradisional Arab sedang viral di ruang digital. Pria itu diklaim sebagai Raja Uni Emirat Arab (UEA).

Dalam foto viral yang tersebar itu, pria yang diklaim Raja UEA ini berfoto dengan dua orang biksu. Salah satu akun yang mengunggah foto itu adalah Praneeth Maduranga.

Begini narasinya:

"Terima kasih warga Sri Lanka kepada Raja UEA karena telah membangun kuil di negara Muslim."

Foto itu tersebar luar di Facebook. Hingga saat ini, foto tersebut mendapat 135 respons, 16 komentar, dan 417 kali dibagikan oleh warga Facebook lainnya.

Lalu, benarkah pria yang ada dalam foto viral itu merupakan Raja Arab? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Klaim yang menyebut pria berpakaian tradisional Arab dalam foto bersama 2 biksu sebagai raja UEA merupakan informasi yang salah. Faktanya, pria itu merupakan YouTuber UEA bernama Khalid Al Ameri.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.