Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto AC Masjid Meledak Saat Waktu Salat, 20 Jamaah Meninggal Dunia

Beredar foto yang diklaim masjid mengalami kebakaran karena AC meledak menyebabkan 20 jemaah meninggal dunia. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim masjid mengalami kebakaran karena AC meledak beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan situs suara.prabumulihpos.com dengan judul artikel "AC Masjid Meledak Saat Waktu Sholat, Sebanyak 20 Jamaah Meninggal Dunia".

Dalam foto tersebut, tampak bagian kubah sebuah masjid terbakar. Beberapa bangunan di depannya juga tampak hancur dilahap si jago merah. Selain itu, terlihat juga asap hitam mengepul di lokasi kebekaran.

Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan peristiwa AC masjid meledak saat waktu salat hingga mengakibatkan 20 jamaah meninggal dunia.

Benarkah foto tersebut menggambarkan masjid kebakaran karena AC meledak? Berikut penelusurannya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim masjid mengalami kebakaran karena AC meledak dan menyebabkan 20 jamaah meninggal dunia.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Reverse Image. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat dan menjelaskan foto serupa.

Satu di antaranya artikel berjudul "Kebakaran Kios dan Masjid Akibat Korsleting Listrik" yang dimuat situs kba.one pada 28 Desember 2019 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs kba.one

Lima unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan delapan unit ruko dan sebuah masjid, api diduga berasal dari salah satu toko yang mengalami korsleting listrik.

Camat Pirak Timu Ismuhar saat dikonfirmasi KBA.ONE, Sabtu 28 Desember 2019, menjelaskan, saat ini tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Muspika TNI-Polri dan pihak pemadam sedang berada di lokasi untuk membantu proses pemadaman api.

"Ini kita di lokasi, kerugian belum bisa ditaksirkan karena masih proses pemadaman. Beberapa kios di sini berjualan kue, warung kopi, bengkel, panglong kayu dan beberapa lainnya," ucap Ismuhar.

Selain itu, Masjid Taqaruf diketahui juga turut terbakar akibat api yang menjalar melalui pohon pinang dari sisi samping masjid. Bagian dinding dan jendela kaca masjid juga turut terbakar.

Rencananya, lanjut Ismuhar, pihak BPBD akan membangun tenda darurat di sekitar lokasi untuk para korban kebakaran.

 

Referensi:

https://www.kba.one/news/kebakaran-kios-dan-masjid-akibat-korsleting-listrik/index.html

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim masjid mengalami kebakaran karena AC meledak hingga menyebabkan 20 jamaah meninggal dunia ternyata tidak benar.

Faktanya, foto tersebut merupakan peristiwa kebakaran di Masjid Takarub, Desa Alue Bungkoh, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara. Diduga penyebab masjid kebakaran karena korsleting listrik.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.