Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar ada Vaksin Covid-19 Sirup untuk yang Takut Disuntik

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim vaksin Covid-19 untuk yang takut disuntik.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim vaksin Covid-19 dalam bentuk sirup untuk yang takut jarum suntik. Klaim tersebut diunggah akun Facecook Arifianto, pada 5 Maret 2021.

Unggahan klaim vaksin Covid-19 dalam bentuk sirup untuk yang takut jarum suntik berupa foto yang berisi botol berlabel putih bertuliskan "VACCINE COVID19" dalam foto tersebut terdapat tulisan "Vaksin Covid19 Dalam bentuk Sirup BAGI Yang Takut Suntik".

Benarkah klaim vaksin Covid-19 dalam bentuk sirup untuk yang takut jarum suntik? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim vaksin Covid-19 dalam bentuk sirup untuk yang takut disuntik, dengan menanyakan langsung ke pihak Kementerian Kesehatan.

Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksin Covid-19 dalam bentuk sirup untuk yang takut jarum suntik tidak benar.

"Tidak ada itu," kata Nadia saat berbincang dengan Liputan6.com.

Penelusuran dilanjutkan dengan menjadikan gambar botol sebagai bahan pencarian menggunakann Yandex

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim vaksin Covid-19 untuk yang takut disuntik

Penelusuran mengarah pada situs berlico.co.id, situs tersebut menampilkan gambar sebuah botol yang identik dengan gambar botol pada klaim.

Gambar botol di situs Berlico:

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim vaksin Covid-19 untuk yang takut disuntik

 

 

 Gambar botol klaim:

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim vaksin Covid-19 untuk yang takut disuntik

Adapun kesamaannya adalah posisi tulisan berwarna biru pada tutup botol, volume isi botol, lambang pada label yang ada di botol.

Untuk perbedaannya adalah:

Pada foto botol klaim terdapat gambar kartun anak sedang naik sepeda. Sedangkan pada gambar botol situs berlico.co.id terdapat gambar burung biru sedang melebarkan sayap logo Berlico Farma dan dibawahnya terdapat tulisan Amoxicillin Trihydrate.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim vaksin Covid-19 dalam bentuk sirup untuk yang takut disuntik tidak benar.

Kementerian Kesehatan telah membatah klaim vaksin Covid-19 dalam bentuk sirup untuk yang takut disuntik, foto label di botol pada klaim hasil editan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.