Sukses

Simak Cara Mencegah Paparan Hoaks Covid-19

Seperti halnya mengahadapi virus, kita harus melakukan tindakan pencegahan paparan hoaks Covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Serbuan hoaks tentang Covid-19 sama bahayanya dengan Covid-19. Seperti halnya mengahadapi virus, kita harus melakukan tindakan pencegahan untuk melindungi diri sendiri dan orang yang kita cintai dari penularan. Sebab, jika tidak segera dilakukan, berita palsu yang beredar di media sosial dapat memberi pengaruh negatif ke penggunanya.

Dilansir dari theconversation.com, tindakan pencegahan terpengaruh hoaks seputar Covid-19 adalah dengan kewaspadaan, cara ini sama halnya dengan memutus penyebaran Covid-19. Virus yang tidak terlihat terkadang tidak menimbulkan gejala dan sulit dikendalikan, seperti menjaga jarak fisik, tindakan higienis, dan pemakaian masker.

Kewaspadaan pertama bisa dilakukan dengan hanya perlu beberapa klik untuk mendeteksi informasi hoaks. Kedua, mencari informasi dari sumber yang kredibel tentang Covid-19.

Kewaspadaan berikutnya adalah, tetap kritis saat menghadapi banyaknya informasi. Orang mungkin bertanya-tanya bagaimana mereka dapat memainkan peran.

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Cara Hentikannya Hoaks Covid-19

1. Bersikaplah kritis saat Anda melihat media sosial.

2. Jangan tinggalkan informasi palsu di jaringan online Anda. Anda dapat dengan sopan meminta orang yang membagikannya untuk menghapusnya.

3. Laporkan informasi palsu ke administrator platform.

4. Jika ragu, luangkan waktu untuk memverifikasi informasi yang dibagikan.

5. Buat lebih banyak keributan daripada orang yang berbagi informasi palsu.

Dengan gerakan sederhana ini, dan dengan sering berbagi informasi yang dapat dipercaya, Anda dan lingkungan Anda akan lebih sedikit terkena bahaya terpaan informasi hoaks Covid-19 (infodemik).

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.