Sukses

Kumpulan Foto Hoaks Seputar Anies Baswedan, Simak Faktanya

Berikut kumpulan foto hoaks seputar Anies Baswedan

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks kerap menyerang kepala daerah, salah satu yang sering diterpa informasi palsu tersebut adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Hoaks tentang Anies Baswedan pun beragam bentuknya, mulai dari foto, tulisan hingga video. Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah foto hoaks tentang orang nomor satu di Ibu Kota Indonesia tersebut.

Berikut foto hoaks seputar Anies Baswedan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Foto Anies Baswedan Selfie saat Banjir

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies Baswedan selfie saat banjir

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berswafoto atau selfie di tengah banjir.

Foto Anies Baswedan selfie saat banjir diunggah akun Facebook Surkim, pada 17 Februari 2021.

Foto tersebut menampilkan Anies Baswedan selfie saat banjir menggunakan jaket berwarna merah dengan mengangkat tangan kiri sambil memegang ponsel berlatarbelakang banjir dan terdapat dua ekor anjing.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Pak Anies sengaja mengabadikan sampah kemasan sabun cair yg hanyut di buang warga....itu bisa fatal...bisa mengakibatkan banjir..."

Benarkah foto Anies Baswedan selfie saat banjir? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com,  klaim foto Anies Baswedan selfie saat banjir tidak benar.

Foto tersebut telah mengalami manipulasi, penggabungan dari dua foto yang berbeda.

 

2. Jakarta Hampir Tenggelam Anies Malah Sibuk Makan

 

Gambar Tangkapan Layar Foto yang DiklaimAnies Baswedan Makan di Tengah Jakarta yang Hampir Tenggelam (sumber: Facebook)

 Klaim tentang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sibuk makan di tengah Jakarta yang hampir tenggelam beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan akun Facebook Bukan Provokasi pada 22 Februari 2021.

Akun Facebook Bukan Provokasi mengunggah foto Anies yang tengah makan di warteg. Foto tersebut terdapat narasi sebagai berikut:

"JAKARTA HAMPIR TENGGELAM ANIS MALAH SIBUK MAKAN"

"Cuma retorika yang dibuat, kata-kata manies tapi kerjanya gabener, giliran jakarta banjir dia malah ilang entah kemana," tulis akun Facebook Bukan Provokasi.

Benarkah foto klaim tentang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sibuk makan di tengah Jakarta yang hampir tenggelam? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim tentang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sibuk makan di tengah Jakarta yang hampir tenggelam ternyata tidak benar. Faktanya, foto yang diunggah akun Facebook Bukan Provokasi tidak ada kaitannya dengan banjir Jakarta.

 

3.  Foto Anies Baswedan Tenggelam dalam Banjir

Gambar Tangkapan Layar Foto Banjir (sumber: facebook)

Sebuah foto yang diklaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tenggelam dalam banjir beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Gita Praharsini pada 22 Februari 2021.

Dalam foto tersebut, tampak genangan banjir dengan penuh sampah. Terdapat wajah Anies dalam gambar tersebut, sekilas jika diperhatikan Anies tampak tenggelam dalam banjir.

"Satu hal yg pasti, kalau UEA meninggalkan budaya islam, gw mah yakin, klo si an*s dasteran masi demen jual ayat2 alkuman," tulis akun Facebook Gita Praharsini.

Benarkah dalam foto tersebut Anies Baswedan tenggelam dalam banjir? Berikut penelusurannya.

Foto yang diklaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tenggelam dalam banjir ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan potret anak laki-laki yang mencoba berenang melewati Sungai Yamuna di India.

Foto yang disebarkan akun Facebook Gita Praharsini telah disunting atau diedit dengan menambahkan foto wajah Anies Baswedan.

 

4. Anies Baswedan Pindahkan Air dari Jakarta ke Jawa Tengah

 

Gambar Tangkapan Layar Klaim Anies Baswedan Pindahkan Air dari Jakarta ke Jateng (sumber: Facebook)

 Foto yang diklaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memindahkan air dari Jakarta menuju Jawa Tengah beredar di media sosial.

Foto tersebut disebarkan akun Facebook Dukung Jokowi 3 Periode pada 12 Februari 2021.  Dalam foto tersebut, tampak Anies tengah berdiri di samping kali. Sejumlah orang juga tampak berada di belakang Anies.

Foto tersebut kemudian dikaitkan bahwa Anies tengah memindahkan air dari Jakarta ke Jawa Tengah dengan menggunakan portal.

"[Post Ulang Semoga Tidak Diserang React Bot]

Pantas saja Jateng kebanjiran ternyata ini ulah Anies. Dengan kekuatan portal dia memindahkan air dari Jakarta menuju Jawa Tengah. Sangat ga bener ini. Anies kapan tobatmu nis.... Tidak bosankah membuat Indonesia menjadi kacau akibat kelakuanmu?" tulis akun Facebook Dukung Jokowi 3 Periode.

Benarkah dalam foto tersebut Anies Baswedan memindahkan air dari Jakarta ke Jawa Tengah? Berikut penelusurannya.

Foto yang diklaim Gubernur DKI Jakarta memindahkan air dari Jakarta menuju Jawa Tengah ternyata tidak benar.

Faktanya, Foto tersebut merupakan kegiatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melihat debit air di pintu air Manggarai Jakarta Selatan.

 

5.  Foto Anies Bermain Sirkus

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies bermain sirkus

 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bermain sirkus. Klaim foto Anies bermain sirkus diunggah akun Facebook Dhany Alamsyah, pada 11 Maret 2021.

Foto yang diunggah merupakan foto ragkaian yang menampilkan Anies mengendarai sepeda dengan melepas tangan, satu foto Anies berbaju batik dan satu foto lagi mengenakan baju putih. Foto tersebut di berikan keterangan sebagai berikut:

"beliau piawai dalam bermain sirkuskeahlian beliau selain lepas tangan beliau juga pandai lepas tanggung jawab...contohnya dana formula e, dana covid 19 untuk dki dll"

Benarkah klaim foto Anies bermain sirkus? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto Anies bermain sirkus tidak benar. 

Dua foto yang diklaim tersebut tidak ada kaitannya dengan Anies bermain sirkus.

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.