Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Anies Bermain Sirkus

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies bermain sirkus

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bermain sirkus.

Klaim foto Anies bermain sirkus diunggah akun Facebook Dhany Alamsyah, pada 11 Maret 2021.

Foto yang diunggah merupakan foto ragkaian yang menampilkan Anies mengendarai sepeda dengan melepas tangan, satu foto Anies berbaju batik dan satu foto lagi mengenakan baju putih.

Foto tersebut di berikan keterangan sebagai berikut:

"beliau piawai dalam bermain sirkuskeahlian beliau selain lepas tangan beliau juga pandai lepas tanggung jawab...contohnya dana formula e, dana covid 19 untuk dki dll"

Benarkah klaim foto Anies bermain sirkus? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies bermain sirkus, pada foto mengenakan baju batik dengan menggunakan Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies main sirkus

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Pamer Jembatan Ketupat, Netizen Malah Fokus Gaya Bersepeda Anies Baswedan: Terlalu Santuy" yang dimuat situs riau24.com, pada 20 November 2019.

Artikel situs riau24.com memuat foto yang identik dengan klaim  foto Anies bersepeda lepas tangan di jalan tol.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies sirkus

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"(Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melepas tangannya saat tengah bersepeda" foto tersebut bersumber dari akun  Instagram resmi  @aniesbaswedan, yang diunggah pada Selasa, 19 November 2019.

 

Penelusuran dilanjutkan dengan menelusuri foto Anies bersepeda lepas tangan menggunakan baju putih, dengan menggunakan Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies sirkus

 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Anies Cerita Bersepeda 19 Km dari Rumah ke Kantor: Rileks Saja" yagh dimuat situs idntimes.com, pada 16 Juni 2020.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies sirkus

Artikel situs idntimes.com memuat foto yang identik dengan klaim.

Penelusuran juga mengarah pada akun resmi Instagram @idntimes.video, akun tersebut memuat video Anies bersepeda yang identik dengan cuplikan klaim foto.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies sirkus

 

 

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Bersepeda dari Velodrome ke Balai Kota, Begini Gaya AniesFollow @IDNTimes - The Voice ofMillennials and Gen ZJakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama sejumlah anggota komunitas sepeda dan pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pagi ini bersepeda dari Jakarta International Velodrome, Jakarta Timur ke Balai Kota, Jakarta Pusat.

Berseragam Pakaian Dinas Harian (PDH) putih, Anies mulai mengayuh sepeda pribadinya pada pukul 06.50 WIB. Sejumlah jurnalis turut bersepeda di belakangnya, bagi yak tak kebagian sepeda terpaksa naik mobil bak terbuka milih Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta."

Sumber:

https://www.riau24.com/berita/baca/1574208834Pamer-Jembatan-Ketupat-Netizen-Malah-Fokus-Gaya-Bersepeda-Anies-Baswedan-Terlalu-Santuy

https://www.idntimes.com/news/indonesia/gregorius-pranandito/anies-baswedan-targetkan-panjang-jalur-sepeda-di-jakarta-capai-500-km/3

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto Anies bermain sirkus tidak benar. 

Dua foto yang diklaim tersebut tidak ada kaitannya dengan Anies bermain sirkus.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.