Sukses

Menkominfo Ajak Masyarakat Tidak Termakan Hoaks soal Vaksinasi Covid-19

Sejak 1 hingga 10 Maret, Kominfo menemukan 13 isu hoaks terkait Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, masyarakat tidak mudah terbawa isu hoaks, termasuk yang berkaitan dengan vaksinasi virus corona Covid-19.

"Mari kita jaga supaya ruang digital bersih, manfaatkan ruang digital untuk membantu kelancaran vaksinasi Covid-19," kata Johnny seperti dilansir Antara, Jumat (12/3/2021).

Johnny berharap, ketika mendapatkan informasi, masyarakat memeriksa, mendalami, dan mengecek ulang kebenaran informasi tersebut sebelum meneruskannya ke orang lain.

Kemampuan tersebut membutuhkan ketelitian, namun, tidak bisa dihindari karena saat ini aktivitas di ruang fisik sudah bermigrasi ke ruang digital.

"Kita gunakan ruang digital untuk kepentingan dan kemajuan kita bersama, secara cermat dan cerdas," ucap Johnny.

Sejak 1 hingga 10 Maret, Kominfo menemukan 13 isu hoaks terkait Covid-19, sementara total isu hoaks terkait Covid-19 sebanyak 1.470 berdasarkan data per 10 Maret.

Angka tersebut merupakan kumpulan isu hoaks Covid-19 dari 23 Januari 2020 sampai 10 Maret 2021. Isu hoaks tersebut tersebar sebanyak 2.697 di media sosial, paling banyak di platform Facebook dan Twitter.

Sudah ada 2.360 konten hoaks Covid-19 yang diturunkan, yaitu 1.857 di Facebook, 438 di Twitter, 45 di YouTube dan 20 di Instagram. Beberapa diantara hoaks tersebut dilaporkan ke kepolisian karena terdapat unsur pidana.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.