Kumpulan Informasi Salah Seputar Tata Surya, Simak Faktanya

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 05 Mar 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 05 Mar 2021, 13:47 WIB
Ilustrasi Planet di Luar Tata Surya
Perbesar
Ilustrasi Planet di Luar Tata Surya. Kredit: Deviantart/Extrasolar

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks sudah merambah pada berbagai bidang di antaranya adalah tata surya, sejumlah informasi salah tentang benda langit tersebut pun telah beredar di media sosial.

Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri klaim seputar tata surya, hasilnya sebagian informasi tersebut salah.

Berikut informasi salah seputar tata surya:

1. NASA Tambah Rasi Bintang Baru Bernama Ophiuchus

Beredar postingan di Facebook terkait NASA yang menambahkan rasi bintang baru. Salah satu yang membagikan adalah akun Facebook bernama @TripleMCairns.

Dalam postingannya, akun Facebook tersebut mengunggah gambar nama-nama zodiak baru lengkap dengan tanggalnya. Namun tanggal yang beredar sudah ditambahkan dengan tanggal baru yang diklaim penemuan dari NASA.

Selain itu ada satu rasi bintang baru bernama Ophiuchus dalam foto tersebut. Postingan itu juga dilengkapi narasi, "With NASA announcing a 13th Star Sign Ophiuchus you might find yours has changed!What do you think? Has yours changed?"

Atau dalam bahasa Indonesia "Nasa mengumumkan rasi bintang ke-13 Ophiuchus, Anda pasti menemukan rasi bintang Anda berubah, apa yang Anda pikirkan? Benarkah rasi bintang Anda berubah?"

Benar NASA menambah rasi bintang baru? Simak penelusurannya di sini. 

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim di Facebook bahwa NASA telah menambahkan rasi bintang baru adalah salah.

Nasa telah membantah klaim tersebut.

 

2. Teleskop Hubble Berhasil Foto Bintang Natal

 

Foto dengan klaim bintang Natal yang ditangkap teleskop Hubble. (Facebook)

Netizen di Facebook ramai membicarakan sebuah foto yang menggambarkan luar angkasa. Foto luar angkasa ini diklaim ditangkap oleh Teleskop Hubble sebagai 'Bintang Natal'.

Salah satu akun Facebook yang mengunggah foto 'Bintang Natal' berhasil difoto oleh Teleskop Hubble adalah Terri Rank-Hall. Dia mengunggah itu pada 25 Desember 2020.

Begini narasi yang ada di foto unggahan Terru Rank-Hall:

"Bintang Betlehem diambil oleh Hubble - WOW !!"

Sementara pengguna Facebook lainnya mengunggah foto yang sama dengan narasi: "Teleskop Hubbel memfoto Bintang Natal. Luar biasa dan tidak bisa digambarkan dengan apapun."

Lalu, benarkah itu foto Bintang Natal yang berhasil di foto Teleskop Hubbe? Simak penelusurannya di sini.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim yang menyebut teleskop Hubble berhasil memfoto Bintang Natal adalah salah. Faktanya, itu merupakan foto ilustrasi yang bisa ditemukan di situs penyedia gambar seperti Getty Images hingga iStock Photo.

 

3. Foto Terjelas dari Permukaan Planet Venus

 

Klaim Foto Terjelas dari Permukaan Planet Venus. (Facebook)

Sebuah gambar dibagikan ratusan netizen Facebook dengan klaim sebagai foto terjelas yang pernah diambil dari permukaan Venus, planet kedua terdekat Matahari.

Salah satu netizen yang mengunggah foto itu adalah Llys Chan. Dia meyakini kalau foto itu merupakan gambar terjernih yang diambil dari Venus.

Begini narasinya:

"Hanya ini foto yang jelas. Pernah diambil dari permukaan Venus. Fakta Sumber Ilmu."

Kemudian, di foto unggahannya ada tulisan dengan narasi:

"Ini adalah satu-satunya foto yang jelas

Pernah diambil dari permukaan Venus."

Lalu, benarkah itu merupakan foto terjelas yang pernah diambil dari permukaan Venus? Simak penelusurannya di sini.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, gambar yang diklaim sebagai foto terjelas yang pernah diambil dari permukaan Venus merupakan informasi yang salah.

Faktanya, gambar itu awalnya berwarna hitam putih, hasil dari penggabungan data citra mentah dari pesawat luar angkasa Soviet yang dikirim ke Venus dengan menggunakan perangkat lunak untuk mengedit gambar. Kemudian, foto itu diedit lagi oleh netizen dengan warna yang terlihat berwarna kuning.

 

4. Video dan Audio dari Planet Mars

Beredar di media sosial sebuah video lengkap dengan audio yang diklaim dari Planet Mars. Video tersebut ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu yang membagikannya adalah akun @piloteyes777. Dia mempostingnya di Instagram pada 20 Februari 2021.

Video berdurasi 24 detik itu menggambarkan keadaan Planet Mars lengkap dengan suaranya. Akun @piloteyes777 juga menambahkan narasi:

"SOUND ON!!! AMAZING FEELINGS‼️ Video from MARS at 225 millions km / 140 millions miles away! Just incredible 😍 #curiosity"

atau dalam Bahasa Indonesia

"NYALAKAN SUARA !!! PERASAAN LUAR BIASA‼ ️ Video dari MARS pada jarak 225 juta km / 140 juta mil! Luar biasa"

Lalu benarkah video dan audio tersebut berasal dari Planet Mars? Simak penelusurannya di sini.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, Video dan audio yang diklaim dari Planet Mars adalah sebagian benar. Foto dalam video tersebut merupakan dari Planet Mars namun sudah dirilis sejak Maret 2020 lalu.

Sementara audio dalam video tersebut merupakan suara dari seismometer, alat yang mengukur getaran di tanah Planet Mars.

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓