Sukses

Simak 6 Hoaks yang Beredar dalam Sepekan

Berikut 6 hoaks yang beredar dalam sepekan

Liputan6.com, Jakarta- Informasi hoaks terus beredar di media sosial, kondisi ini harus diwaspadai agar kita tidak menjadi korban dan dirugikan karena telah mempercayai informasi hoaks.

Sebelum mempercayai informasi yang didapat sebaiknya melakukan verifikasi terlebih dahulu dengan mencari sumber yang kredibel.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi hoaks yang beredar dalam sepekan, berikut hoaks tersebut:

1. Foto Mobil Ini Bukan Korban Banjir Bekasi 20 Februari 2021

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto tumpukan mobil korban banjir di Bekasi pada 20 Februari 2021, klaim foto tersebut beredar di jejaring sosial WhatsApp.

Terdapat dua foto yang dibagikan pada klaim foto tumpukan mobil korban banjir di Bekasi pada 20 Februari 2021. Foto pertama menampilkan mobil jenis sedan menindih mobil minibus, foto berikutnya menampilkan mobil yang sedang terbalik di antara mobil yang menumpuk.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto mobil korban banjir di Bekasi pada 20 Februari 2021

Benarkah klaim foto mobil korban banjir di Bekasi pada 20 Februari 2021? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto mobil korban banjir di Bekasi pada 20 Februari 2021 sebagian salah.

Foto mobil tersebut memang korban banjir di Bekasi, pada Januari 2020 bukan pada 20 Februari 2021.

 

2. Resep Bisa Membuat Mr P Menjadi Tahan Lama

Beredar sebuah video di WhatsApp yang diklaim sebagai resep paling ampuh membuat Mr P menjadi tahan lama. Caranya pun sangat sederhana, yakni mengoleskan minyak kayu putih ke Mr P.

Video cara membuat Mr P menjadi tahan lama dengan mengoleskan minyak kayu putih diawali dengan narasi sebagai berikut:

"resep khusus bagi yang sudah menikah.. dan tidak untuk penggunaan continue

resep ini diambil dari salah satu mak urut di daerah saya...

dan khasiatnya tidak di ragukan lagi namun tergantung kondisi teman 2 semua

semoga resepnya cocok yaa...."

Selanjutnya, video itu memperlihatkan tangan seseorang menaruh minyak kayu putih di sebuah wadah. Kemudian dia mengoleskan minyak kayu putih ke jari telunjuk seolah-olah Mr. P.

Lalu, benarkah minyak kayu putih bisa membuat Mr P menjadi tahan lama? Simak penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim mengoleskan minyak kayu putih bisa membuat Mr P menjadi tahan lama saat ereksi adalah salah. Sebab, minyak kayu putih bisa menimbulkan iritasi bila diolehkan ke alat vital manusia.

 

3. Badai Siklon Mengarah ke Jawa Barat dan DKI Jakarta

 Cek Fakta Liputan6.com menemukan postingan di WhatsApp Group yang menyebut adanya badai siklon pada tanggal 24 hingga 26 Februari 2021. Badai itu diklaim mengarah ke Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Dijelaskan dalam meteorologi, siklon adalah sebuah jenis sistem tekanan udara rendah yang terbentuk secara umum di daerah tropis. Begini isi klaim yang menyebut badai siklon mengarah ke Jawa Barat dan DKI Jakarta, yang mencatut kepala BMKG:

"Info :

Tgl 24 , 25, 26 Feb. akan ada badai siklon dari Aussie ke arah Barat.

Yg kena ujung badainya, Jawa barat bagian bawah.

Tetapi dampaknya akan terasa di DKI dan bbrp provinsi lainnya.

Akibatnya akan terjadi hujan lebat atau lebat sekali ke arah extrim.Jadi siap2 banjir lagi dan semoga enggak seperti kemarin...

Berita dari Ketua BMKG, Dwikorawati, pagi tadi.

Take care, your Family n Friends..."

Lalu, benarkah akan ada badai siklon yang mengarah ke Jawa Barat dan DKI Jakarta? Simak penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim ada badai siklon mengarah ke Jawa Barat dan DKI Jakarta merupakan informasi yang tidak tepat. Pihak BMKG memberikan klarifikasi kalau itu masih prediksi mengenai badai siklon.

 

4. Bayi Hiu Berwajah Manusia Disebut Anak Durhaka

 

Klaim Bayi Hiu Berwajah Manusia Disebut Anak Durhaka. (Facebook)

Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah unggahan yang menyebut penemuan bayi hiu berwajah manusia. Bahkan, seorang netizen menyebut hiu itu sebagai manusia yang durhaka.

Klaim ini bisa ditemukan di akun Facebook atas nama Bundafatih yang diunggah pada Kamis (25/2/2021). Dia menyebut bayi hiu berwajah manusia itu seperti kasus anak durhaka yang terkutuk.

Dalam unggahannya, Bundafatih juga menyertakan sebuah artikel yang mengarah ke situs rakyat-62.xyz. Begini judul artikel tersebut:

"Menyeramkan, Bayi Ikan Hiu Berwajah Manusia, Seperti Kasus Manusia Durhaka yang Terkutuk."

Namun, ketika tautan itu dibuka, Cek Fakta Liputan6.com tidak bisa menemukan isi artikelnya. Lalu, benarkah bayi hiu berwajah manusia itu merupakan anak durhaka? Simak penjelasannya di halaman berikut.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim bayi hiu berwajah manusia yang disebut sebagai anak durhaka merupakan informasi yang salah.

Faktanya, bayi hiu itu mengalami kelainan genetik.

 

5. Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 Lewat Situs prakerja12.com

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi cara mendaftar kartu Prakerja gelombang 12 lewat situs prakerja12.com. Informasi tersebut beredar di aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi cara mendaftar kartu Prakerja gelombang 12 lewat situs prakerja12.com:

"💳 Daftar Prakerja Sekarang

Dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja. Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Bantuan akan dikirimkan setiap bulan selama program ini berjalan

Langkah untuk mendaftar prakerja

1. Kunjungi situs  https://prakerja12.com/?gelombang12

2. Isi formulir data diri

3. Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp

4. Bantuan akan dikrim melalui rekening

Pendaftaran dibuka selama 7 hari segera daftar agar tidak kehabisan kuota".

Bernarkah informasi cara mendaftar kartu Prakerja gelombang 12 lewat situs prakerja12.com? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi cara mendaftar kartu Prakerja gelombang 12 lewat situs prakerja12.com tidak benar.

Pendaftaran kartu Prakerja gelombang 12 hanya bisa dilakukan lewat situs www.prakerja.go.id.

 

6. Judul Artikel Jual Miras Hukumnya Boleh untuk Membantu Kas Negara

Cek Fakta Liputan6.com mendapati tangkapan layar judul artikel Kompas.com jual minuman keras (miras) hukumnya boleh untuk membantu kas negara. Tangkapan layar judul artikel tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Tangkapan layar judul artikel Kompas.com "Jual Minuman Keras Hukumnya Boleh Untuk Membantu Kas Negara" dimuat pada Rabu 17 Februari 2021, pukul 08.34 WIB, dalam tangkapan layar artikel Kompas.com juga menampilkan foto Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Benarlkah tangkapan layar judul artikel Kompas.com jual miras hukumnya boleh untuk membantu kas negara?. Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com,  tangkapan layar judul artikel Kompas.com "Jual Minuman Keras Hukumnya Boleh Untuk Membantu Kas Negara" tidak benar.

Judul artikel dalam tangkapan layar tersebut telah diubah, tidak sesuai dengan judul artikel aslinya.

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.