Kumpulan Hoaks Seputar Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 25 Feb 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 25 Feb 2021, 21:00 WIB
Ilustrasi Hoaks Hoax
Perbesar
Ilustrasi Hoaks. (Freepik)

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar pendaftaran kartu Prakerja gelombang 12 bermunculan seiring dengan pemerintah memulai kembali program yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang sedang mencari kerja tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, sejumlah informasi seputar pendaftaran kartu Prakerja gelombang 12 adalah hoaks. Ini bisa terlihat dari situs yang dicantumkan untuk pendaftaran tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, yaitu  www.prakerja.go.id.

Berikut informasi hoaks seputar pendaftaran kartu Prakerja gelombang 12:

 1. Pesan Berantai Berisi Link Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai berisi link untuk pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12. Pesan berantai tersebut ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Dalam pesan berantai tersebut mengatakan bahwa pendaftaran hanya dilakukan selama tujuh hari. Peserta juga nantinya akan mendapat bantuan sebesar Rp 600 ribu.

Berikut isi pesan berantai tersebut:

"Daftar Prakerja Sekarang

Dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja.

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Bantuan akan dikirimkan setiap bulan selama program ini berjalan

Langkah untuk mendaftar prakerja

1. Kunjungi situs https://prakerja12.com/?gelombang12

2. Isi formulir data diri

3. Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp

4. Bantuan akan dikrim melalui rekening

Pendaftaran dibuka selama 7 hari segera daftar agar tidak kehabisan kuota"

Lalu benarkah pesan berantai berisi tautan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, pesan berantai yang berisi link pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 adalah hoaks.

 

2. Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Lewat Situs kartu-prakerja.com

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi cara pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 lewat situs kartu-prakerja.com, informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi cara pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 berupa tautan situs sebagai berikut:Informasi cara pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

Benarkah informasi cara pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 lewat situs kartu-prakerja.com? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi cara pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 lewat tautan https://kartu-prakerja.com/?ref=insentif600rb tidak benar, tautan yang benar adalah www.prakerja.go.id.

 

3. Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 Lewat Situs prakerja12.com

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi cara mendaftar kartu Prakerja gelombang 12 lewat situs prakerja12.com. Informasi tersebut beredar di aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi cara mendaftar kartu Prakerja gelombang 12 lewat situs prakerja12.com:

"💳 Daftar Prakerja Sekarang

Dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja. Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Bantuan akan dikirimkan setiap bulan selama program ini berjalan

Langkah untuk mendaftar prakerja

1. Kunjungi situs  https://prakerja12.com/?gelombang12

2. Isi formulir data diri

3. Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp

4. Bantuan akan dikrim melalui rekening

Pendaftaran dibuka selama 7 hari segera daftar agar tidak kehabisan kuota".

Bernarkah informasi cara mendaftar kartu Prakerja gelombang 12 lewat situs prakerja12.com? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi cara mendaftar kartu Prakerja gelombang 12 lewat situs prakerja12.com tidak benar.

Pendaftaran kartu Prakerja gelombang 12 hanya bisa dilakukan lewat situs www.prakerja.go.id.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓