Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 Lewat Situs prakerja12.com

Informasi cara mendaftar kartu Prakerja gelombang 12 lewat situs prakerja12.com

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi cara mendaftar kartu Prakerja gelombang 12 lewat situs prakerja12.com. Informasi tersebut beredar di aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi cara mendaftar kartu Prakerja gelombang 12 lewat situs prakerja12.com:

"💳 Daftar Prakerja Sekarang

Dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja. Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Bantuan akan dikirimkan setiap bulan selama program ini berjalan

Langkah untuk mendaftar prakerja

1. Kunjungi situs  https://prakerja12.com/?gelombang12

2. Isi formulir data diri

3. Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp

4. Bantuan akan dikrim melalui rekening

Pendaftaran dibuka selama 7 hari segera daftar agar tidak kehabisan kuota".

Bernarkah informasi cara mendaftar kartu Prakerja gelombang 12 lewat situs prakerja12.com? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi cara mendaftar kartu Prakerja gelombang 12 lewat situs prakerja12.com, dengan menghubungi Project Management Officer (PMO/manajemen pelaksana) program Kartu Prakerja. 

Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan, untuk mendaftar kartu Prakerja hanya bisa dilakukan lewat situs  www.prakerja.go.id.

"Situs Prakerja adalah www.prakerja.go.id," kata Louisa, saat berbincang dengan Liputan6.com.

Artikel berjudul "Siap-Siap, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Diumumkan Hari Ini 23 Februari 2021" yang dimuat situs liputan6.com, pada 23 Februari 2021 menyebutkan, pembukaan program Kartu Prakerja tersebut akan diumumkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto hari ini 23 Februari 2021 pukul 14.30 WIB.

Sebelumnya, sejak Minggu (21/2/2021) pendaftar sudah bisa mengakses layanan untuk membuat akun kartu prakerja secara online di laman www.prakerja.go.id. Hal tersebut berdasarkan postingan resmi Instagram @prakerja.go.id.

Bagi yang berminat, pastikan sebelum membuat akun untuk mendaftar, anda telah memenuhi tiga kriteria utama. Yaitu WNI, berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Untuk lengkapnya, prosedur pendaftaran kartu prakerja dilakukan melalui tiga langkah sebagai berikut.

Langkah Pertama: Membuat Akun

Pada langkah pertama, anda hanya diminta untuk membuat akun sebelum mengisi data diri secara lengkap di langkah berikutnya. Tata caranya ialah.

1. Buka www.prakerja.go.id lalu pilih 'Buat Akun'

2. Masukkan alamat email dan kata sandi baru yang akan dipakai

3. Periksa email untuk memverifikasi akun

4. Setelah memverifikasi email, kembali ke laman sebelumnya untuk masuk dengan akun yang telah dibuat

 

Langkah Kedua: Mengisi Data Diri

Secara garis besar pada langkah kedua ini anda diminta untuk mengisi beberapa data secara lengkap. Data tersebut diantaranranya verifikasi KTP, data diri dan nomor HP. Hal yang harus dilakukan yaitu:

1. Kembali ke halaman sebelumnya dan klik 'Login' untuk masuk ke akun

2. Masukkan nomor KTP, nomor Kartu Keluarga dan Tanggal lahir. Jika sudah, klik 'berikutnya'

3. Lengkapi data diri, meliputi nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, jenjang pendidikan terakhir dan status pekerjaan

4. Pastikan untuk menunggah foto KTP dan foto selfie diri dengan KTP, lalu klik 'berikutnya'

5. Masukkan nomor HP, lalu anda akan diminta untuk memasukkan kode OTP yang sudah dikirim melalui SMS.

 

Setelah melengkapi data diri, langkah berikutnya ialah mengikuti tes motivasi dan tes kemampuan dasar. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi dan potensi diri dari pendaftar. Langkah dan ketentuan yang harus diperhatian diantaranya:

1. Klik 'Mulai Sekarang' di halaman utama

2. Tes online berlangsung selama 15 menit

3. Siapkan alat tulis untuk membantu selama ujian

4. Jika selesai menjawab pertanyaan, tunggu email konfirmasi dari kartu prakerja

5. Kembali ke laman sebelumnya dan pilih 'Gabung' untuk mendaftar program kartu prakerja

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi cara mendaftar kartu Prakerja gelombang 12 lewat situs prakerja12.com tidak benar.

Pendaftaran kartu Prakerja gelombang 12 hanya bisa dilakukan lewat situs www.prakerja.go.id.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.