Simak Kumpulan Foto Hoaks yang Beredar di Media Sosial

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 25 Feb 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 25 Feb 2021, 11:00 WIB
Ilustrasi Hoaks Hoax
Perbesar
Ilustrasi Hoaks. (Freepik)

Liputan6.com, Jakarta- Foto merupakan salah satu media yang dimanfaatkan untuk menyebar hoaks. Foto hoaks yang beredar di media sosial biasnya disampaikan dengan narasi yang salah dan sudah diedit.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah foto hoaks yang beredar di media sosial. Seperti penyanyi  Rihanna  yang membentangkan bendera Pakistan hingga wanita yang menghadang tank.

Simak kumpulan foto hoaks yang beredar di media sosial, hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1.  Foto Rihanna Sedang Pegang Bendera Pakistan

 

Klaim Rihanna pegang foto Pakistan. (Facebook)

Pengguna Facebook atas nama Radhika Singh mengunggah sebuah foto yang menambilkan sosok penyanyi pop asal Amerika Serikat, Rihanna. Dia mengunggah foto itu dalam bahasa Hindi.

Menariknya, Rihanna yang kini berusia 32 tahun, dalam foto tersebut memegang bendera Pakistan. Padahal, pemilik nama asli Robyn Rihanna Fenty itu tidak punya darah Pakistan.

Begini narasi yang ada di foto Rihanna memegang bendera Pakistan:

"Rihanna adalah ibu baptis baru dari kelompok anti-pemerintah. Sekarang kamu bisa mengerti siapa dia sebenarnya."

Lalu, benarkah Rihanna memegang foto Bendera Pakistan seperti yang diklaim netizen? Simak penelusurannya di halaman berikut.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, laim Rihanna memegang foto Bendera Pakistan seperti yang diklaim netizen merupakan informasi salah. Foto itu sudah dimanipulasi.

Faktanya, dalam foto asli, Rihanna memegang bendera Hindia Barat saat menyaksikan pertandingan kriket pada Juli 2019.

 

2. Anies Baswedan Selfie saat Banjir dalam Foto Ini

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies Baswedan selfie saat banjir

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berswafoto atau selfie di tengah banjir.

Foto Anies Baswedan selfie saat banjir diunggah akun Facebook Surkim, pada 17 Februari 2021.

Foto tersebut menampilkan Anies Baswedan selfie saat banjir menggunakan jaket berwarna merah dengan mengangkat tangan kiri sambil memegang ponsel berlatarbelakang banjir dan terdapat dua ekor anjing.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Pak Anies sengaja mengabadikan sampah kemasan sabun cair yg hanyut di buang warga....itu bisa fatal...bisa mengakibatkan banjir..."

Benarkah foto Anies Baswedan selfie saat banjir? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com,  klaim foto Anies Baswedan selfie saat banjir tidak benar.

Foto tersebut telah mengalami manipulasi, penggabungan dari dua foto yang berbeda.

 

3. Foto Wanita Pegang Pedang Menantang Tank Militer Myanmar Klaim Foto Wanita Pegang Pedang Menantang Tank Militer Myanmar

Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah unggahan menarik di Twitter. Foto itu menggambarkan seorang wanita sedang memegang pedang yang diklaim menghentikan tank milik militer Myanmar.

Dalam kicauan berbahasa Mandarin tersebut, wanita itu disebut berani karena menghentikan tank yang sedang melakukan keduta di Myanmar. Begini narasinya

"Seorang wanita memegang pedang dan berdiri di depan kendaran lapis baja Myanmar."

Foto itu muncul setelah para pengunjuk rasa turun ke jalan di Myanmar sejak kudeta militer pada 1 Februari 2021. Kudeta ini menahan pemimpin sipil, Aung San Suu Kyi.

Lalu, benarkah itu foto wanita memegang pedang menghentikan tank militer di Myanmar? Simak penelusurannya di halaman berikut.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto wanita memegang pedang menghentikan tank militer di Myanmar merupakan hasil manipulasi. Faktanya, foto asli tersebut tidak ada wanita berdiri memegang pedang di depan tank.

 

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓