Cek Fakta: Video dan Audio Diklaim dari Planet Mars, Bagaimana Fakta Sebenarnya?

Oleh Adyaksa Vidi pada 24 Feb 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 24 Feb 2021, 16:00 WIB
Cek Fakta video dari Planet Mars
Perbesar
Cek Fakta video dari Planet Mars

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial sebuah video lengkap dengan audio yang diklaim dari Planet Mars. Video tersebut ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu yang membagikannya adalah akun @piloteyes777. Dia mempostingnya di Instagram pada 20 Februari 2021.

Video berdurasi 24 detik itu menggambarkan keadaan Planet Mars lengkap dengan suaranya. Akun @piloteyes777 juga menambahkan narasi:

"SOUND ON!!! AMAZING FEELINGS‼️ Video from MARS at 225 millions km / 140 millions miles away! Just incredible 😍 #curiosity"

atau dalam Bahasa Indonesia

"NYALAKAN SUARA !!! PERASAAN LUAR BIASA‼ ️ Video dari MARS pada jarak 225 juta km / 140 juta mil! Luar biasa"

Lalu benarkah video dan audio tersebut berasal dari Planet Mars?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
Perbesar
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel dari website pemeriksa fakta, Snopes.com berjudul "Is This Real Audio From Mars?" dan tayang pada 19 Februari 2021.

Di sana terdapat penjelasan bawah video yang beredar bukan dari Robot Penjelajah NASA, Perseverance yang mendarat di Planet Mars pada 18 Februari 2021. Video tersebut dibuat dari potongan foto panorama dari Robot Penjelajah NASA sebelumnya bernama Curiosity.

Foto-foto tersebut memang dari Planet Mars yang diambil pada Maret 2020 lalu. Semua orang bisa melihat fotonya langsung melalui link berikut ini....

Sementara terkait audio atau suara dari video yang beredar viral belakangan ini juga bukan dari Robot Penjelajah NASA, Perseverance. Suara itu berasal dari rekaman NASA yang dibuat oleh InSight Lander pada 24 April 2019 menggunakan seismometer sensitif, alat yang mengukur getaran di tanah.

Meskipun rekaman InSight Lander benar-benar signifikan secara ilmiah, rekaman itu tidak menangkap audio yang sebenarnya. Untuk penjelasannya bisa didengarkan melalui link ini...

NASA sendiri melaporkan bahwa Perseverance sejauh ini baru mengirimkan foto dari Planet Mars. Robot Penjelajah itu belum mengirimkan data berupa video maupun audio dari Planet Mars. Untuk bisa melihat foto dari Perseverance bisa dilihat di link ini...

Dilansir dari Space.com, Perseverance memang akan merekam video dan audio di Planet Mars. Namun hingga sekarang misi tersebut belum dijalankan.

"Bisa mendengarkan suara dari planet lain adalah cara untuk mengakrabkan diri. Ini akan menambah dimensi sehingga Mars menjadi tempat yang lebih nyata bagi kami," ujar Nina Lanza, Ketua Tim untuk Eksplorasi Luar Angkasa dan Planet di Laboratorium Nasional Los Alamos Departemen Energi AS di New Mexico.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Perseverance bisa dilihat di link ini...

Artikel terkait Perseverance bisa dilihat di link ini dan ini...

Sumber:

https://www.snopes.com/fact-check/mars-real-audio/

https://www.space.com/pers

https://mars.nasa.gov/resources/25596/perseverance-rovers-first-image-from-mars/

https://www.liputan6.com/global/read/4489995/video-detik-detik-menakjubkan-rover-nasa-mendarat-di-planet-mars?source=search

https://www.liputan6.com/global/read/4490094/foto-terbaru-permukaan-mars-yang-dipotret-rover-perseverance-nasa?source=search

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

banner cek fakta (Sebagian Salah)
Perbesar
banner cek fakta

Video dan audio yang diklaim dari Planet Mars adalah sebagian benar. Foto dalam video tersebut merupakan dari Planet Mars namun sudah dirilis sejak Maret 2020 lalu.

Sementara audio dalam video tersebut merupakan suara dari seismometer, alat yang mengukur getaran di tanah Planet Mars.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓