Fakta-Fakta di Balik Hoaks Resep Memperbesar Mr P yang Beredar di Facebook

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 24 Feb 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 24 Feb 2021, 12:00 WIB
8 Fakta Tentang Kesehatan Penis
Perbesar
Ilustrasi ereksi | Via: liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Di media sosial, khususnya di Facebook, ada beragam informasi. Salah satu yang paling sering muncul adalah resep dengan klaim membuat Mr P menjadi tahan lama atau memperbesarnya.

Cek Fakta liputan6.com sudah banyak menemukan klaim-klaim salah soal cara membuat Mr P menjadi tahan lama atau memperbesarnya. Salah satunya, mengoleskan minyak kayu putih ke Mr P yang dipercaya bisa membuatnya menjadi tahan lama.

Namun, menurut dr Ivony Moesa SpKK yang merupakan dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin, itu merupakan cara yang salah.

"Semua yang panas-panas bisa bikin pelebaran pembuluh darah atau disebut vasodilatasi. Penis ereksi isinya darah yang terjebak di sana. Dipijat bisa membantu memperlancar peredarah darah saja."

"Namun, untuk membuat Mr P menjadi tahan lama, saya tidak bisa menjamin. Kebanyakan ejakulasi dini terjadi karena faktor psikologis dibanding faktor fisiknya," ucapnya menjelaskan.

 

 

2 dari 4 halaman

Fakta Selanjutnya

Kemudian, masih dalam klaim netizen Facebook, ada juga yang menyebut kalau ukuran penis bisa ditambah dengan meminum jus apel setiap hari. Namun faktanya, minum jus apel tidak bisa menambah ukuran Mr P.

"Iya (klaim ini salah). Bukan memperbesar penis tapi mengatasi disfungsi ereksi," ucap dokter Ivony yang bertugas di RSU Indriati di Sukoharjo.

"Salah satu dari banyak penyebab disfungsi ereksi adalah tingginya kadar oksidan. Jadi, pemberian antioksidan akan dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi," ujarnya menambahkan.

Klaim ukuran penis bisa ditambah dengan meminum jus apel setiap hari berawal dari clickbait dan berita palsu yang diubah namanya menjadi komedi meme di internet.

Klaim ini dimulai dari situs humor Empire News pada tahun 2010 dengan mempublikasikan artikel yang tidak imliah dari seseorang ahli pembesaran penis dan tidak disebutkan namanya. Artikel yang tidak jelas dan berniat sebagai humor itu dipotong-potong dan menjadi bahan meme hingga saat ini.

3 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓