Sukses

Simak Hoaks Deretan Tokoh Terkenal Meninggal Dunia

Kumpulan hoaks tokoh terkenal meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka tentang meninggalnya seseorang tentu menimbulkan reaksi sedih bagi yang mengenalnya. Namun, kabar seseorang meninggal kerap dijadikan bahan informasi hoaks.

Sejumlah tokoh terkenal pun kerap dijadikan bahan informasi hoaks meninggal dunia, hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com membuktikan sejumlah informasi hoaks meninggalnya tokoh terkenal.

Berikut kumpulan hoaks terbaru tentang meninggalnya tokoh terkenal, hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Uya Kuya Meninggal Dunia

Cek Fakta Liputan6.com menemukan kabar netizen yang menyebut artis papan atas Indonesia, Uya Kaya telah meninggal dunia. Kabar ini dibagikan oleh pemilik akun Facebook atas nama Yenny Oktaviari Sari.

Dalam statusnya pada Minggu (21/2/2021), dia menuliskan:

"Beneran Uya Kuya meninggal, aku taunya dari tiktok,, kok gak percaya yah."

Akun Yenny Oktaviari Sari juga membagikan tangkapan layar dari aplikasi TikTok. Tangkapan layar itu memperlihatkan Uya Kuya terbaring di rumah sakit.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan di Facebook, Uya Kuya disebut sudah meninggal dunia. Begini narasinya:

"RIP Uya Kuya, smoga di terima disisinya masih gk percaya."

Lalu, benarkah Uya Kuya sudah meninggal dunia pada Minggu (21/2/2021)? Simak penelusurannya di halaman berikut.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim Uya Kuya meninggal dunia merupakan informasi hoaks. Hal ini berdasarkan penelusuran di Instagram istri Uya Kuya, Astrid pada Minggu (21/2/2021), masih terlihat beraktivitas di Thamrin City.

 

2. Dahlan Iskan Meninggal Dunia pada 16 Februari 2021

Kabar tentang mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp pada 16 Februari 2021.

Berikut isi pesan berisi kabar meninggalnya Dahlan Iskan:

"Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un..._

_Allahumagfirlahu warhamhu waafihi wafuanhu..._ _Turut berduka cita yang sangat mendalam atas wafatnya Bapak Dahlan Iskan MD._

_Semoga almarhum Bapak Dahlan Iskan, diterima semua amal ibadahnya, diampuni segala kesalahannya dan ditempatkan di Jannah yang terbaik disisi Allah Subhanahu wa ta'ala ; serta keluarga yg ditinggalkan diberikan ketabahan, keikhlasan dan kekuatan iman... Aamiin yaa Rabbal 'alamiin_... 🤲"

Benarkah kabar Dahlan Iskan meninggal dunia pada 16 Februari 2021? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, kabar tentang mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meninggal dunia pada 16 Februari 2021 ternyata tidak benar atau hoaks. Faktanya, Dahlan Iskan telah membantah kabar tersebut lewat akun Instagram @dahlaniskan19.

 

3. Armand Maulana Meninggal Dunia

Pada Kamis (11/2/2021), netizen menyebut musisi Armand Maulana meninggal dunia. Kabar ini beredar di dinding Facebook hingga WhatsApp Group.

Salah satu pengguna Facebook yang membagikan kabar Armand Maulana meninggal dunia adalah Desy Susanty. Berikut narasinya:

"Ini beneran atau hoax ya...? Musisi Armand Maulana meninggal dunia..."

Akun itu juga mengunggah video dengan durasi 12 detik. Video itu diawali dengan judul berita di Pikiran Rakyat, yakni: "Salah Satu Musisi Tanah Air Meninggal Dunia, Armand Maulana: Ya Allah..."

Lalu, benarkah vokalis grup band Gigi, Armand Maulana sudah meninggal dunia? Simak penelusurannya di halaman berikut.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim Armand Maulana meninggal dunia merupakan informasi hoaks. Faktanya, vokalis band Gigi itu masih sehat.

Dia menjelaskan dalam artikel di Pikiran Rakyat kalau isi berita itu ditujukan untuk sahabatnya yang seorang musisi sudah meninggal dunia.

 

4. Pemilik Tim MotoGP Meninggal Dunia

Akun Facebook MotoGP Fan News mengunggah sebuah kabar yang menyebut salah satu pemilik tim MotoGP, Fausto Gresini telah meninggal dunia. Dia mengunggah klaim ini pada Selasa (23/2/2021).

Begini narasi yang menyebut pemilik tim Gresini Racing MotoGP meninggal dunia:

"Dunia motor berduka atas kematian mantan pembalap Fausto Gresini | GP One".

Kabar tentang kematian Fausto Gresini sudah ramai di Facebook sejak Senin (22/2/2021) malam. Segelintir netizen juga membagikan artikel dari GP One, media yang membahas soal dunia balap.

Artikel itu berjudul: "MotoGP, Motorcycle world mourns the death of ex-rider Fausto Gresini".

Namun, ketika artikel itu hendak dibuka, GP One tidak bisa menampilkan isi berita. Lalu, benarkah pemilik tim di MotoGP ini sudah meninggal dunia? Simak penelusurannya di sini.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim Fausto Gresini sudah meninggal dunia merupakan informasi hoaks. Faktanya, pemilik tim MotoGP itu masih hidup, meski dalam keadaan koma akibat terinfeksi virus covid-19.

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.