Sukses

Ragam Hoaks Beredar di TikTok: Uang Bergambar Jokowi hingga E-KTP Dipasang Chip

Aplikasi berbagi video, TikTok yang saat ini sedang populer, tidak luput dari sasaran hoaks atau informasi menyesatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi berbagi video, TikTok yang saat ini sedang populer, tidak luput dari sasaran hoaks atau informasi menyesatkan. Ada banyak informasi palsu yang beredar di aplikasi ini.

Berikut Cek Fakta Liputan6.com merangkum beberapa hoaks yang berasal dari TikTok.

1. Klaim Uang Baru RI Pecahan Rp 100 dengan Wajah Presiden Jokowi

Klaim Uang Baru RI Senilai Rp 100 dengan Wajah Presiden Jokowi. (Facebook)

Pada 7 Februari 2021, pemilik akun Ridwan Aman membagikan video yang berasal dari Tiktok dengan klaim uang baru keluaran Bank Indonesia dengan wajah Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi .

Uang dengan wajah Jokowi ini senilai Rp 100. Uang kertas itu berwarna merah. Disebutkan kalau itu merupakan uang versi redenominasi .

Sebagai keterangan untuk narasi di Facebook, Penggemar KOIN Semata menuliskan sebagai berikut:

"#ViralNEWS - Video : Tampilan Uang Kertas Indonesia Versi Redonomisasi Pecahan 100 Bergambar Presiden Jokowi. Bagaimana Menurut Kalian ?"

Lalu, benarkah wajah Presiden Jokowi terpampang di uang baru keluaran Bank Indonesia? Baca klaim hoaks tersebut melalui tautan ini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Klaim Uya Kuya Meninggal Dunia

Cek Fakta Liputan6.com menemukan kabar netizen yang menyebut artis papan atas Indonesia, Uya Kaya telah meninggal dunia. Kabar ini dibagikan oleh pemilik akun Facebook atas nama Yenny Oktaviari Sari.

Dalam statusnya pada Minggu (21/2/2021), dia menuliskan:

"Beneran Uya Kuya meninggal, aku taunya dari tiktok,, kok gak percaya yah."

Akun Yenny Oktaviari Sari juga membagikan tangkapan layar dari aplikasi TikTok. Tangkapan layar itu memperlihatkan Uya Kuya terbaring di rumah sakit.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan di Facebook, Uya Kuya disebut sudah meninggal dunia. Begini narasinya:

"RIP Uya Kuya, smoga di terima disisinya masih gk percaya."

Baca selengkapnya di sini.

 

 

3 dari 4 halaman

3. Klaim Chip di E-KTP Dipasangi GPS yang Bisa Melacak Posisi Pemiliknya

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim E-KTP terdapat chip GPS yang bisa melacak pemiliknya, klaim tersebut beredar di aplikasi percakapan WhatsApp berupa video yang diunggah melalui aplikasi TikTok.

Video klaim E-KTP terdapat chip GPS yang bisa melacak pemiliknya berdurasi 15 menit yang menampilkan seorang sedang membongkar E-KTP untuk mengambil cip yang ada di dalam E-KTP.

Benarkah klaim E-KTP terdapat chip GPS yang bisa melacak pemiliknya? Baca selengkapnya di sini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.