Cek Fakta: Ini Bukan Foto Truk Bermuatan Rudal, Simak Penelusurannya

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 22 Feb 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 22 Feb 2021, 13:00 WIB
Klaim truk bermuatan rudal
Perbesar
Klaim truk bermuatan rudal/ (Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan unggahan menarik di Facebook. Segelintir netizen menyebut kalau ada truk di pinggir jalan yang diklaim berada di Indonesia tengah membawa rudal.

Klaim truk membawa rudal di jalanan yang berada di Indonesia ini bisa dilihat di akun Facebook Hakim Al Luqman. Begini narasinya:

"di jalan Ketemu Truk Membawa RudalZa Allah Semoga AMAN indonesia qu,,,,, ojok onok perang2 nEh."

Klaim dengan foto yang sama juga ditemukan di akun Facebook atas nama Dedi. Dia menyebut negara ini mau perang. Begini narasinya:

"Apa negara ini mau perang ya. Kok ada truk membawa rudal."

Lalu, benarkah truk yang berada di jalanan Indonesia itu membawa rudal? Simak penelusurannya di halaman berikut.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Hasil penelusuran Yandex
Perbesar
Hasil penelusuran Yandex.

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang disebar netizen menggunakan pencarian gambar terbalik, Yandex. Foto itu diketahui sudah berada di internet sejak 6 Juli 2017.

Hasil penelusuran Yandex mengarahkan ke Twitter milik TMC Polda Metro. Namun, akun Twitter milik kepolisian Indonesia itu tidak menjelaskan kalau truk tersebut membawa rudal.

Truk itu membawa muatan paku bumi yang mengalami gangguan di jalan layang yang berada di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, pada 6 Juli 2017 pukul 08.46 WIB.

Begini penjelasan aslinya:

Perhatikan gambar di bawah ini:

Klaim netizen (kiri) dan foto asli di Twitter TMC Polda Metro (kanan)

Referensi Artikel:

https://twitter.com/TMCPoldaMetro/status/882777484269191170

 

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Klaim truk yang berada di jalanan Indonesia itu membawa rudal merupakan informasi palsu yang masuk dalam kategori satire atau parodi.

Faktanya, truk itu membawa muatan paku bumi yang mengalami gangguan di jalan layang yang berada di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, pada 6 Juli 2017.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓