Hoaks Pesan Berantai Berisi Rakernas Kadis Kesehatan Kota Bandung

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 22 Feb 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 22 Feb 2021, 09:36 WIB
Tenaga Kesehatan
Perbesar
Ilustrasi Tenaga Kesehatan (Photo by H Shaw on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Beredar pesan berantai yang berisi undangan Rakernas Peningkatan Kinerja Tenaga Kesehatan di Bandung. Rakernas itu disebut bakal dilaksanakan pada 27 hingga 28 Februari.

Pesan berantai itu juga mencatut nama Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung dr. Ahyani Raksanagara, M.Kes. Rakernas ini juga diklaim bakal berlangsung di Hotel Aryaduta Makassar.

Namun, pesan berantai ini dipastikan hoaks. Informasi palsu itu disampaikan langsung oleh Ahyani Raksanagara melalui akun Instagram pribadinya.

"Bila ada yang menghubungi seperti ini, abaikan. Ini penipuan," tulis Ahyani Raksanagara.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ahyani Raksanagara (@ahyani_raksanagara)

Klaim ini juga dipastikan hoaks oleh Dinas Kesehatan Kota Bandung melalui akun Instagram mereka.

"Wargi Bandung, jika mendapatkan SMS seperti ini abaikan saja karena info tersebut adalah hoaks. Ayo cek dan konfirmasi setiap informasi yang diperoleh ke sumber yang benar dan terpercaya. Salam sehat!" tulis Dinkes Kota Bandung soal pesan berantai tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓