Sukses

Deretan Hoaks yang Catut Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah satu tokoh yang sering menjadi sasaran hoaks. Hoaks ini kerap disebarkan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah satu tokoh yang sering menjadi sasaran hoaks. Hoaks ini kerap disebarkan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Tak hanya di media sosial hoaks soal Anies Baswedan juga kerap beredar hingga aplikasi percakapan. Temanya pun beragam mulai dari pesan berantai palsu hingga foto atau artikel yang sudah dimanipulasi.

Lalu apa saja hoaks yang mencatut nama Anies Baswedan? Berikut beberapa diantaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Berisi Tulisan Mengatasnamakan Anies Baswedan

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai berisi tulisan yang mencatut nama Gubernur DKI Anies Baswedan. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak awal pekan ini.

Salah satu akun yang mempostingnya bernama Syahrial Ariesta Rajo Bungsu. Dia mengunggahnya di Facebook pada 13 Februari 2021.

Berikut isi postingannya:

*ANIES BASWEDAN*

Saya tidak pernah meminta apalagi membeli penghargaan, tapi mereka tau tentang kerja, tanggung jawab dan ke ikhlasan saya, mereka yang memberikan perhargaan tersebut adalah orang jujur dalam menilai.

Saya tidak pernah meminta atau berharap sebuah jabatan, jika itu amanah dan Ridho Allah akan saya pertanggung jawabkan di hadapan Allah dan Umat, hutang saya kepada Allah, sebagai Khalifah dimuka bumi.

*Hutang kepada Allah adalah Ridho Nya untuk saya memangku jabatan, mereka yang nyinyir dan menilai negatif, syukuri aja anggap lah mereka saudara yang selalu mengingat kan kita.*Saya tak pernah merasa bangga dengan semua yang saya dapatkan, melainkan selalu bersyukur, diberikan kepercayaan oleh rakyat merupakan rasa syukur yang tak terhingga.

Saya punya kebanggaan kelak di akherat, ketika saya diberikan tempat di syurga Allah, selama masih di dunia saya hanya harus banyak bersyukur, diberi hidup dan bernafas merupakan syukur. Alhamdulillah sekali.

*Ingat kita semua satu ketika akan memperoleh jabatan abadi yaitu Almarhum, akhirnya kesombongan dan keangkuhan kita tak berarti, ternyata disaat kematian kita masih butuh orang kecil, ketika mayat di usung, dimandikan, dikafani dan ditempatkan ke liang lahat.*

Belum tentu kolega kita yang sama berdasi juga punya jabatan akan melakukan nya, bersyukurlah dengan hidup, penghargaan bukan sebuah pengakuan, melainkan untuk bersyukur dan menyadarkan kita.

By : Anies Baswedan."

Lalu benarkah pesan berantai yang berisi tulisan mengatasnamakan Anies Baswedan? Simak dalam artikel berikut ini...

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Cek Fakta: Tidak Benar Liputan6.com Beritakan Anies Baswedan Seperti Ini

Pada 1 Februari 2021, pemilik akun Facebook Owi Gans mengunggah tangkapan layar berupa artikel di situs Liputan6.com. Artikel yang diklaim dari Liputan6.com itu mencatut nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dalam tangkapan layar yang diunggah Owi Gans, judul di situs Liputan6.com soal Anies Baswedan, yakni "Anies Pastikan Tolak Utang Luar Negeri Jika Pimpin RI". Artikel itu disebut dipublikasikan pada 3 Juni 2014 pukul 11.10 WIB.

Namun anehnya, foto yang ditulis itu tidak menggambarkan Anies Baswedan, melainkan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Foto di artikel itu juga memiliki slogan: 'Indonesia Hebat'.

Lalu, benarkah Liputan6.com pernah memberitakan soal Anies Baswedan seperti tangkapan layar yang diunggah Owi Gans? Simak dalam artikel berikut ini...

3 dari 4 halaman

3. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Anies Baswedan Raih Juara 1 Lomba Mewarnai

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang mengklaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meraih juara 1 lomba mewarnai.

Klaim foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meraih juara 1 lomba mewarnai diunggah akun Facebook チャームシギ, pada 24 Januari 2021.

Foto yang diunggah menampilkan Anies sedang memegang piala di tangan kana bertuliskan "Juara 1" dan tangan kiri memegang foto bangunan dengan atap warna-warni.

Dalam foto tersebut juga terdapat dua orang anak yang memegang gambar sebuah rumah. Dengan latar belakang tulisan "LOMBA MEWARNAI".

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"gabener level paud...."

Benarkah klaim foto Anies Baswedan meraih juara 1 lomba mewarnai? Simak dalam artikel berikut ini...

4 dari 4 halaman

4. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Anies Baswedan Membaca Koran di Dalam Banjir

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto Gubernur Anies Baswedan sedang membaca koran di dalam banjir.

Foto Anies Baswedan membaca koran dalam banjir diunggah akun Facebook Rusdie Zie Lyon, pada 15 Januari 2021.

Foto yang diiunggah menampilkan Anies Baswedan mengenakan syal bendera Palestina sedang membaca koran Republika dengan berita utama berjudul "KAMI SEDANG KEBANJIRAN" di dalam air, dengan latarbelakang sejumlah orang yang terendam air setinggi dada orang dewasa.

Benarkah Anies Baswedan membaca koran dalam banjir? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.