Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Cara Penanganan Gigitan Ular Berbisa dengan Bawang Merah

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi penanganan digigit ular berbisa dengan bawang merah

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi penanganan digigit ular berbisa dengan bawang merah, informasi tersebut beredar di jejaring sosial WhatsApp. 

Berikut informasi penanganan digigit ular berbisa dengan bawang merah:

"👇👇👇

BILA DIPATOK ULAR,... JGN TAKUT ...! LAKUKAN SEPERTI YG DIBAWAH INI ....!

*Mengatasi gigitan ular berbisa uming Ular cobra , maka saya akan berbagi penangkalan apabila tergigit Ular atau binatang apa saja yg mempunyai bisa . Caranya : apabila tergigit ular berbisa anda secepatnya lari kerumah yg terdekat , minta bawang merah , gak usah di kupas langsung dikunyah sampai lembut , terus tempelkan pada bagian yg tergigit . Insya Allah sembuh seketika . Ini penangkal oleh2 dari orang Dayak Kaltim . Yg pernah saya buktikan dgn Joko Pa Kusen . dia terkena bisanya cobra sampai sudah bengkak , begitu aku tanya , katanya terkena ular kobra . Ambil bawang Ko terus dikunyah lembut dan balurkan ke bagian yg luka . Alhasil 5 menit kemudian langsung kempes . Semoga bisa membantu tuk semua orang . Trimakasih .

SRMOGA DAPAT MEMBANTU SANAK FAMILI" 

Benarkah informasi penanganan digigit ular berbisa dengan bawang merah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi  penanganan digigit ular berbisa dengan bawang merah, dengan menanyakan ke  dr. Muhamad Fajri Adda'i, yang merupakan dokter relawan Covid-19 dan edukator kesehatan.

Dr. Fajri mengatakan, penanganan digigit ular berbisa tidak bisa didengan bawang merah.

"Tidak bisa. Untuk ular berbisa," kata dr Fajri, saat berbincang dengan Liputan6.com.

dr Fajri mengungkapkan, untuk menangani ular berbisa dibutuhkan antidotum spesifik.

Dia menjelaskan, dalam menangani korban tergigit ular berbisa yang harus dilakukan adalah imobilisasi yaitu mengurangi gerakan otot yang dapat memicu racun bisa ular mengalir melalui darah ke jantung. 

"Nomor satu imobilisasi jadi misalnya kegigit dia mengalir lewat darah. Nah prinsip nomor satu adalah imobilisasi jadi jangan sampai bergerak, posisi (yang tergigit) lebih rendah dari jantung," tuturnya.

Dr. Fajri melanjutkan, imobilisasi bisa dilakukan dengan memasang kayu pada dua sisi sendi agar otot tidak bergerak. Setelah imobilisasi dilakukan, korban gigitan ular harus dibawa ke rumah sakit untuk mendapat penawar racun.

"Jadi nomer satu imobilsasi dulu, setelah itu bawa ke rumah sakit nanti dikasih nanti bisa ularnya," ujarnya mengakhiri.

 

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Informasi penanganan digigit ular berbisa dengan bawang merah tidak benar.

Penanganan gigitan ular berbisa yang harus dilakukan dengan meminimalisir gerakan otot sehingga bisa tidak mengalir ke jantung.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.