Sukses

BNPB Sebut Media Berperan Penting Cegah Hoaks soal Bencana

BNPB juga terus memberikan edukasi tentang kebecanaan kepada masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusdatinkom Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati mengatakan, media memiliki peran penting membangun kepercayaan masyarakat khususnya dalam melakukan mitigasi bencana.

Menurut Raditya, membangun kepercayaan masyarakat perlu dilakukan agar terhindar dari informasi palsu atau hoaks.

"Masalah trust ini penting dalam memberikan informasi kepada masyarakat, dan peranan media sangat penting agar masyarakat tidak terpengaruh hoaks," kata Raditya seperti dilansir dari Antara, Jumat (12/2/2021).

Selain itu, BNPB juga terus berupaya memberikan edukasi tentang kebecanaan sebelum ada gejala sehingga kesiap-siagaan akan selalu terjaga.

Apabila dapat diwujudkan di lapangan, tentu jumlah korban jiwa dan kerugian materil dapat ditekan. Namun harapan itu belum sepenuhnya terwujud, karena jumlah korban saat bencana gempa misalnya, masih tetap banyak setiap kejadian.

Sebagai perbandingan, berdasarkan data BNPB, pada periode Januari 2020 dari 355 kejadian bencana terdapat 100 orang meninggal dan hilang, sementara periode Januari 2021 dari 277 kejadian bencana, jumlah orang yang meninggal dan hilang mencapai 200 orang.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.