Sukses

Instagram Blokir Akun Keponakan John F Kennedy karena Sebarkan Hoaks Vaksin Covid-19

Robert F Kennedy Jr beberapa kali menentang dan menyebarkan hoaks vaksin Covid-19 melalui media sosialnya.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram pada Rabu 10 Februari 2021 memblokir akun milik aktivis anti-vaksin Robert F Kennedy Jr karena membagikan klaim palsu atau hoaks tentang vaksin virus corona Covid-19.

"Kami menghapus akun ini karena berulang kali membagikan klaim yang dibantah tentang virus atau vaksin," kata juru bicara Facebook dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari cnet.com, Jumat (12/2/2021).

Robert F Kennedy Jr beberapa kali menentang vaksin Covid-19 melalui media sosialnya. Halaman Facebook anti-vaksin keponakan mantan Presiden AS John F Kennedy itu kini memiliki lebih dari 300 ribu pengikut dan masih aktif memberikan publikasi.

Kennedy juga beberapa menyebarkan klaim palsu tentang vaksin Covid-19. Satu di antaranya klaim tentang kematian legenda bisbol Hank Aaron karena suntikan vaksin Covid-19.

Facebook menegaskan, langkah memblokir akun Kennedy sengaja dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran disinformasi dan hoaks seputar vaksin Covid-19. Beberapa waktu lalu, Facebook menyatakan bakal menghapus konten dan akun yang terbukti menyebarkan hoaks vaksin Covid-19.

Facebook dan jejaring sosial lainnya telah menghadapi serangan informasi yang salah tentang Covid-19 sejak pandemi dimulai tahun lalu. Perusahaan itu mendapat sorotan, termasuk dari anggota parlemen dan politikus yang menganggap Facebook tidak berbuat cukup untuk memerangi masalah ini.

Facebook mengatakan, juga menghapus setidaknya delapan akun lain karena mempromosikan informasi yang salah tentang vaksin Covid-19, termasuk halaman dengan nama seperti virusesarenotcontagious dan nofacemaks.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.