Sukses

Cek Fakta: Hoaks Armand Maulana Meninggal Dunia, Vokalis Band Gigi Minta Netizen Budayakan Membaca

Klaim Armand Maulana meninggal dunia merupakan informasi hoaks. Faktanya, vokalis band Gigi itu masih sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Kamis (11/2/2021), netizen menyebut musisi Armand Maulana meninggal dunia. Kabar ini beredar di dinding Facebook hingga WhatsApp Group.

Salah satu pengguna Facebook yang membagikan kabar Armand Maulana meninggal dunia adalah Desy Susanty. Berikut narasinya:

"Ini beneran atau hoax ya...? Musisi Armand Maulana meninggal dunia..."

Akun itu juga mengunggah video dengan durasi 12 detik. Video itu diawali dengan judul berita di Pikiran Rakyat, yakni: "Salah Satu Musisi Tanah Air Meninggal Dunia, Armand Maulana: Ya Allah..."

Lalu, benarkah vokalis grup band Gigi, Armand Maulana sudah meninggal dunia? Simak penelusurannya di halaman berikut.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com memeriksa Instagram pribadi milik Armand Maulana, @armandmaulana04. Dari akun Instagram itu, Armand Maulana membantah kabar yang menyebut dirinya meninggal dunia.

"Ini teh kenapa? Tiba-tiba handphone saya jadi ramai, terus semua orang nanyain: 'Apakah saya baik-baik saja?' Alhamdulillah ya Allah, saya masih baik dan sehat."

Kemudian, Armand Maulana mencoba mengulik dari mana kabar tersebut beredar. Dalam video yang diunggahnya pada Kamis (11/2/2021), dia memperlihatkan artikel di Pikiran Rakyat.

"Ternyata gara-gara ini. Tunggu, ini (berita di Pikiran Rakyat) mah bukan hoaks, tapi salah baca," kaya Armand Maulana.

Dalam artikel tersebut, Armand Maulana mengungkapkan dirinya ikut berbelasungkawa atas kepergian vokalis band KSP, Marthin Enrico Saba.

"Dari berita ini, kita harus tau baca dulu. Budayakan membaca. Coba deh baca baik-baik. Bukan saya yang meninggal, tapi saya punya teman baik, waktu zaman di Bandung, dia juga musisi dan meninggal.

"Beginilah kalau baca hanya selewat dan langsung disebar. Please budayakan membaca supaya tidak banyak berita-berita yang salah," katanya mengakhiri.

Referensi Artikel

https://www.instagram.com/p/CLI8bQKHAlp/

https://www.pikiran-rakyat.com/entertainment/pr-011407781/salah-satu-musisi-tanah-air-meninggal-dunia-armand-maulana-ya-allah

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim Armand Maulana meninggal dunia merupakan informasi hoaks. Faktanya, vokalis band Gigi itu masih sehat.

Dia menjelaskan dalam artikel di Pikiran Rakyat kalau isi berita itu ditujukan untuk sahabatnya yang seorang musisi sudah meninggal dunia.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.