Cek Fakta: Tidak Benar Gubernur Kaltim Isran Noor akan Rudal Kantor yang Tetap Buka

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 10 Feb 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 10 Feb 2021, 07:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks Gubernur Kaltim Isran Noor akan Rudal Kantor yang Tetap Buka (sumber: facebook)
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks Gubernur Kaltim Isran Noor akan Rudal Kantor yang Tetap Buka (sumber: facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor akan menembakan rudal ke kantor yang tetap buka beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook Rendy Saputra pada 5 Februari 2021.

Akun Facebook Rendy Saputra mengunggah gambar Isran Noor yang tengah diwawancara Tv One. Dalam gambar tersebut terdapat narasi sebagai berikut:

"KANTOR YANG BUKA AKAN KAMI RUDAL"

"Awas di rudal pak isran buang ikam šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£..... Samarinda punya cerita," tulis akun Facebook Rendy Saputra.

Konten yang disebarkan akun Facebook Rendy Saputra telah mendapat 25 komentar warganet.

Benarkah Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor akan menembakan rudal ke kantor yang tetap buka? Berikut penelusurannya.

Ā 

Ā 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor akan menembakan rudal ke kantor yang tetap buka.

Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "isran noor tv one" ke kolom pencarian situs berbagi video, YouTube.

Hasilnya terdapat gambar serupa yang dimuat dalam video berjudul "Gubernur Kalimantan Bantah Adanya Local Lockdown, Isran Noor: Jangan Suka Adu Domba! | AKIP".

Video tersebut diunggah channel YouTube Talk Show tvOne pada 18 Maret 2020. Terdapat gambar wawancara Isran Noor yang identik di menit 4 detik 25 dalam video tersebut.

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube Talk Show tvOne

"Kaltim, tvOnenews.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memutuskan mengambil langkah pembatasan kegiatan dengan istilah local lockdown untuk menghadapi penyebaran virus corona atau Covid-19. Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan pemerintah harus mengambil langkah tersebut untuk menghindari penyebaran Covid-19 di Kaltim," tulis channel YouTube Talk Show tvOne.

Ā 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Kabar Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor akan menembakan rudal ke kantor yang tetap buka ternyata tidak benar.

Faktanya, Isran Noor tidak pernah memberikan pernyataan tersebut. Gambar Isran Noor yang diunggah akun Facebook Rendy Saputra diduga telah disunting.

Ā 

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.comĀ merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atauĀ International Fact Checking NetworkĀ (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia.Ā 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalahĀ mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu.Ā 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalamĀ cekfakta.comĀ untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada timĀ CEK FAKTAĀ Liputan6.comĀ di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓