Sukses

Kapolri Ajak Pers Ikut Berantas Hoaks dan Ujaran Kebencian

Pers atau insan media diminta turut membantu menangkal serta memerangi hoaks di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengajak, pers atau insan media ikut membantu menangkal serta memerangi hoaks yang dapat memecah belah persatuan bangsa dan negara. 

Hal ini disampaikan Sigit saat mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 bagi para insan pers.

"Ikut membantu Polri dalam menangkal timbulnya hoaks dan ujaran kebencian yang mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Sigit seperti dilansir dari Antara, Selasa (9/2/2021).

Dengan semangat yang sama untuk menjaga keutuhan NKRI, Sigit menekankan bahwa hal itu dapat makin memperkuat kebinekaan di Indonesia.

"Dengan turut membangkitkan semangat kebinekaan, mendorong produktivitas dan optimistisme bangsa," tutur Sigit.

Selain itu, pers sebagai pilar keempat demokrasi diharapkan untuk terus memberikan informasi yang mencerahkan pemahaman masyarakat Indonesia.

"Semoga Pers senantiasa menjadi garda depan dalam mencerahkan masyarakat sebagai pilar keempat demokrasi," ucap Sigit.

Hari Pers Nasional (HPN) diperingati setiap 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang berdiri pada 9 Februari 1946. Peringatan HPN dikukuhkan dalam Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985.

Pada tahun 2021, peringatan HPN awalnya akan dilaksanakan di Kendari, Sulawesi Tenggara. Namun, karena masih pandemi Covid-19, peringatan HPN 2021 diselenggarakan di DKI Jakarta secara daring maupun tatap muka.

Tema besar HPN 2021 adalah "Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan".

HPN 2021 menghadirkan serangkaian kegiatan, seperti seminar, konvensi, dan acara puncaknya dipusatkan di Ancol, Jakarta Utara.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.