Cek Fakta: Hoaks Vietnam Tanpa Kasus Kematian Covid-19 karena Minum Teh Panas Dicampur Lemon

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 08 Feb 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 08 Feb 2021, 16:00 WIB
Klaim Vietnam tanpa kasus kematian akibat covid-19
Perbesar
Klaim Vietnam tanpa kasus kematian akibat covid-19. (Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Pada Senin (8/2/2021), pengguna Facebook atas nama MhellyAlkhy mengunggah klaim yang menyebut Vietnam tanpa kasus kematian menghadapi pandemi covid-19 sejak 2020.

Dalam klaim, disebutkan juga kalau Vietnam sukses menghadapi covid-19 tanpa kasus kematian karena minum teh panas yang dicampur dengan lemon. Berikut narasinya:

"Kabar gembira dan istimewa.. Vietnam korban covid 19 tidak ada yng mati...Berita super.. obat virus covid 19 sudah tercapai informasi dari negara Vietnam.. virus covid 19 tidak menyebabkan kematian.. ternyata resepnya sangat sederhana tapi sangat ampuh.. hanya 1 teh..2 lemon..minumlah teh panas setelah di campur perasan lemon..dapat segera membunuh virus covid 19..dan dapat sepenuhnya menghilangkan virus covid 19 dari tubuh...2 bahan ini membuat sistem kekebalan tubuh menjadi bersifat basa.. karena ketika malam tiba sistem tubuh menjadi asam.. kemampuan detensif juga akan berkurang..

itulah sebabnya orang Vietnam santai saja dengan menyebarnya virus covid 19... Di Vietnam rata2 semua orang minum segelas air panas dengan sedikit lemon di malam hari... Karena telah terbukti membunuh virus covid 19 secara total... Bagikan resep sakti ini kepada siapapun untuk memburu pahala... Resep sederhana ini sangat efektif karena tidak akan terinfeksi virus covid 19.. Atas izin Allah SWT. YME...Selamat mencoba...*šŸ‘šŸ‘šŸ‘"

Lalu, benarkah Vietnam tanpa kasus kematian akibat covid-19 berkat teh panas dicampur lemon? Simak penelusurannya di halaman berikut.

Ā 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
Perbesar
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menggunakan mesin pencari, Google Search dengan kata kunci: 'corona virus in Vietnam'. Hasil penelusuran mengarahkan ke situs Wordo Meters.

Dalam situs tersebut, kasus covid-19 di Vietnam hingga Senin (8/1/2021) dilaporkan sudah menjangkiti 2.001 orang. Tercatat, 35 di antaranya meninggal dunia.

Dari grafik yang diperlihatkan Wordo Meters, kasus covid-19 di Vietnam melonjak dalam sebulan terakhir. Kasus tertinggi di negara itu terjadi pada 28 Januari 2021, yakni sebanyak 91 orang terjangkit covid-19.

Hingga saat ini, tercatat masih ada 494 orang di Vietnam yang masih mendapat perawatan akibat covid-19. Namun, hingga saat ini, belum ada tambahan kasus meninggal akibat covid-19 di Vietnam. Kasus kematian terakhir kali dilaporkan di Vietnam, yakni pada 3 September 2020.

Kemudian, Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kebenaran khasiat dari teh panas dicampur dengan lemon melalui Google. Hasil penelusuran mengarahkan ke artikel Liputan6.com berjudul: "Cek Fakta: Hoaks Resep Lemon dan Teh Panas untuk Sembuhkan COVID-19 dari Palestina", yang dipublikasikan pada 10 April 2020.

Artikel ini mengambil penjelasan dari Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Daeng M Faqih. Ia mengatakan bahwa mengonsumsi lemon dan teh panas dapat menyembuhkan virus corona COVID-19 belum terbukti.

"Belum ada bukti yang membenarkan hal tersebut," kata Faqih kepada Liputan6.com, Jumat (10/4/2020).

Selanjutnya, Cek Fakta Liputan6.com juga menemukan artikel berjudul: "5 Cara Vietnam Menghentikan Pandemi Virus Corona Covid-19 yang Bisa Dicontoh", yang dipublikasikan di situs Liputan6.com. Dari artikel itu tidak disebutkan kalau Vietnam bisa melawan covid-19 karena meminum teh panas dicampur lemon.

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Klaim Vietnam tanpa kasus kematian akibat covid-19 berkat teh panas dicampur lemon merupakan informasi yang salah. Faktanya, ada 35 kasus meninggal dunia akibat covid-19 di Vietnam.

Kemudian, berdasarkan penelusuran, tidak ada bukti yang menyebut kalau minum teh panas dicampur lemon bisa menyembuhkan covid-19.

Ā 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.comĀ merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atauĀ International Fact Checking NetworkĀ (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia.Ā 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalahĀ mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu.Ā 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalamĀ cekfakta.comĀ untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada timĀ CEK FAKTAĀ Liputan6.comĀ di emailĀ cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓