Sukses

Mau Edukasi soal Covid-19 di Instagram, 6 Akun Ini Wajib Kamu Follow

Pandemi covid-19 telah berjalan hampir setahun. Namun sayangnya hoaks tentang pandemi ini masih terus menyebar di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi covid-19 telah berjalan hampir setahun. Namun sayangnya hoaks tentang pandemi ini masih terus menyebar di masyarakat.

Penyebaran hoaks ini dilakukan di media sosial dan aplikasi percakapan. Temanya pun sangat beragam mulai dari penyebab covid-19, cara penyembuhan hingga yang terbaru soal vaksin.

Beragam cara dilakukan untuk menekan penyebaran hoaks. Pemerintah menggandeng media massa, platform media sosial untuk melakukan klarifikasi serta memberikan hukuman bagi pembuat hoaks.

Menariknya pada masa pandemi covid-19 sejumlah dokter dan peneliti yang menjadi garda terdepan akhirnya ikut turun untuk mengedukasi ke masyarakat. Mereka mengedukasi masyarakat melalui akun media sosial masing-masing.

Lalu siapa saja dokter atau peneliti yang kerap mengedukasi hoaks soal covid-19 di media sosial dan bisa diikuti, berikut beberapa diantaranya:

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akun Instagram edukator covid-19

1. dr RA Adaninggar Primadia Nariswari

Dokter spesialis penyakit dalam ini punya akun bernama @ningzsppd. Saat ini followersnya mencapai lebih dari 54 ribu akun.

Dalam postingannya, wanita yang kerap disapa dr Ning ini membahas seputar hoaks covid-19 yang sedang ramai dibicarakan. Ia juga kerap membuat acara live di Instagram dengan mengundang sejumlah ahli untuk membicarakan hoaks tertentu.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by RA Adaninggar,dr,SpPD (@ningzsppd)

2. dr Adam Prabata

Dokter yang sedang menempuh PhD di Medical Science Kobe University ini juga menjadi salah satu edukator selama pandemi covid-19. Jumlah followersnya sudah lebih dari 133 ribu akun.

Akun Instagramnya @adamprabata juga sudah bercentang biru atau terverifikasi. Dalam postingannya dr Adam mengedukasi dengan bahasa dan grafis yang mudah dimengerti masyarakat.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by dr. Adam Prabata (@adamprabata)

3. dr Samuel P. K Sembiring

Dokter yang berpraktek di RSUP Dr. Hasan Sadikin ini juga menjadi salah satu edukator covid-19 dengan postingan yang menarik. Dalam akun @doktersam, ia mengunggah grafis yang sederhana dengan penjelasan singkat sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Saat ini akun @doktersam punya lebih dari 17,9 ribu pengikut. Tak hanya soal covid-19, postingan dr Sam juga mengedukasi terkait penyakit lain seperti jantung dan diabetes.

3 dari 4 halaman

Akun Instagram Lainnya

4. dr Muhamad Fajri Adda'i

Dokter Fajri, sapaan akrabnya merupakan edukator dan tim relawan penanganan covid-19 di DKI Jakarta. Ia kerap menjadi pembicara dalam dialog atau webinar yang digelar Satgas Penanganan Covid-19.

Saat ini akun Instagramnya, @dr.fajriaddai sudah mempunyai lebih dari 16,3 ribu pengikut. Postingan dari dr Fajri sangat menarik karena selain penjelasan tulisan juga kerap disertai video dan juga jurnal lengkap dari edukasinya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by dr. Muhamad Fajri Adda'i (@dr.fajriaddai)

5. dr Tirta

Dokter Tirta mungkin menjadi dokter paling terdepan untuk urusan edukasi. Maklum, jumlah pengikutnya di Instagram mencapai 2,1 juta akun.

Akun @dr.tirta juga sudah bercentang biru atau terverifikasi di Instagram. Menariknya tak hanya edukasi covid-19, dr Tirta juga kerap membagikan edukasi soal menjadi wirausaha dan bermedia sosial.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Cipeng | TIRTA (@dr.tirta)

6. Bimo A. Tejo, Ph.D

Prof Bimo merupakan peneliti Bioteknologi dan juga Associate Profesor di Universiti Putra Malaysia. Ia memberikan konten edukasi di akun Instagramnya, @ba.tejo sejak pandemi covid-19 dimulai tahun lalu.

Saat ini pengikutnya di Instagram sudah lebih dari 22 ribu akun. Ia juga sering menjadi narasumber untuk membahas vaksin covid-19.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bimo A. Tejo, Ph.D (@ba.tejo)

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.