Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Liputan6.com Beritakan Anies Baswedan Seperti Ini

Dalam tangkapan layar yang diunggah Owi Gans, judul di situs Liputan6.com soal Anies Baswedan, yakni "Anies Pastikan Tolak Utang Luar Negeri Jika Pimpin RI".

Liputan6.com, Jakarta - Pada 1 Februari 2021, pemilik akun Facebook Owi Gans mengunggah tangkapan layar berupa artikel di situs Liputan6.com. Artikel yang diklaim dari Liputan6.com itu mencatut nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dalam tangkapan layar yang diunggah Owi Gans, judul di situs Liputan6.com soal Anies Baswedan, yakni "Anies Pastikan Tolak Utang Luar Negeri Jika Pimpin RI". Artikel itu disebut dipublikasikan pada 3 Juni 2014 pukul 11.10 WIB.

Namun anehnya, foto yang ditulis itu tidak menggambarkan Anies Baswedan, melainkan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Foto di artikel itu juga memiliki slogan: 'Indonesia Hebat'.

Lalu, benarkah Liputan6.com pernah memberitakan soal Anies Baswedan seperti tangkapan layar yang diunggah Owi Gans? Simak penelusurannya di halaman berikut.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menggunakan pencarian gambar terbalik, Google Images untuk membuktikan klaim tersebut. Hasilnya, ada dua foto yang sama.

Namun penelusuran yang paling identik mengarah ke pemberitaan di Liputan6.com pada 3 Juni 2014 pukul 11.10 WIB. Namun, artikel itu tidak membahas Anies Baswedan, melainkan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Perhatikan foto di bawah ini:

Klaim netizen

klaim netizen soal artikel Liputan6.com

 

Di bawah ini merupakan artikel asli Liputan6.com

Tangkapan layar artikel di Liputan6.com

Artikel asli di Liputan6.com dibuat saat Joko Widodo dan Jusuf Kalla mencalonkan diri saat Presiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019.

Klik tautan ini untuk membaca artikel aslinya.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim Owi Gans tentang pemberitaan Liputan6.com soal "Anies Pastikan Tolak Utang Luar Negeri Jika Pimpin RI" tidak benar. Tangkapan layar itu sudah dimanipulasi.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.