Sukses

Ragam Hoaks Catut Atlet Top: McGregor Jadi Gembel hingga Cristiano Ronaldo Bawa Buku Iqro

Beberapa nama atlet top yang kerap menjadi sasaran hoaks adalah Cristiano Ronaldo dan Conor McGregor.

Liputan6.com, Jakarta - Nama-nama atlet top dunia kerap menjadi bahan hoaks di media sosial. Dua nama atlet top yang kerap menjadi sasaran hoaks adalah Cristiano Ronaldo dan Conor McGregor.

Berikut rangkuman hoaks yang mencatut nama atlet top di dunia.

1. Klaim Conor McGregor Jadi Gembel

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto petarung MMA Conor McGregor menjadi gembel

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto petarung MMA Conor McGregor menjadi gembel.

Foto Conor McGregor menjadi gembel tersebut diunggah akun Facebook Julius Rizaldy, pada 9 Januari 2021.

Foto yang diunggah menampilkan Conor McGregor sedang duduk di halaman sebuah bangunan yang seperti sedang dihampiri seorang berbaju putih mengenakan penutup kepala hitam.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Eh nemu lagi dia...Sepertinya di jari ibu itu ada radar pengintai, selalu saja dapet gembel Maco😀"

Baca klaim hoaks tersebut melalui tautan ini.

 

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Klaim Mike Tyson Salat Berjamaah di Kafe Anti-Islam

Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah unggahan di Facebook dalam bentuk video yang menyebut legenda tinju, Mike Tyson sedang melaksanakan salat di sebuah kafe anti-orang Islam.

Akun yang mengunggah video Mike Tyson sedang salat di kafe anti-orang Islam adalah Videi Lucu nya unik pada Selasa (20/10/2020). Begini narasi yang dia buat:

"Pemilik caffee di tegah kota Los Ageles menuliskan di depan pintu Caffee nya kalau orang muslim dilarang masuk.

Tapi ketiga Orang muslim ini tak peduli mereka masuk ke dlm Caffee tidak membeli apa apa tapi langsung meletak kan sajadah dan langsung sholat pemilik Caffee ,securities dan pegawainya hanya terdiam dan tak bisa berbuat apa apa cuma bisa menyaksikan tanpa mengeluarkan kata kata, mereka terlalu takut untuk membuka mulutnya.

Ketiga orang itu adalah :

Mantan juara tinju kelas berat dunia yg sangat tersohor *Mike Tyson* dan present word Boxing champion *Swede Bado Jack* dan the imam present world kick boxing campion *Aamar Abddallah*"

Baca selengkapnya di sini.

 

3 dari 4 halaman

3. Klaim Foto Cristiano Ronaldo dengan Buku Iqro

Beredar di media sosial foto Cristiano Ronaldo yang sedang pamer buku Iqro. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu yang mempostingnya adalah bernama Ahe Lapangan. Ia mengunggah foto tersebut pada 14 November 2020.

Dalam postingannya nampak Cristiano Ronaldo sedang duduk di sebuah pesawat. Ia memamerkan buku Iqro yang dipegangnya. Selain itu akun tersebut menambahkan narasi:

"Keunggulan di Ahe pertigaan Ahe Lapangan Asri Bumiayu adalah adanya jam tambahan yakni belajar iqro , kenapa iqro ? Karena belajar Qur' an itu hukumnya wajib. Jadi belajar Iqro dulu ,jangan ceramah dulu"

Baca selengkapnya di sini

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.