Sukses

Ragam Hoaks Lowongan Pekerjaan Terbaru, dari Pertamina Hingga Stickearn

Belakangan ini banyak beredar melalui media sosial, aplikasi percakapan, hingga surat elektronik (email) terkait pengumuman lowongan pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini banyak beredar melalui media sosial, aplikasi percakapan, hingga surat elektronik (email) terkait pengumuman lowongan pekerjaan. Sayangnya tak sedikit pengumuman lowongan pekerjaan tersebut palsu.

Oknum pembuat surat lowongan pekerjaan tersebut menggunakan beragam modus. Mereka menargetkan masyarakat untuk mengirim dana dengan iming-iming mendapat pekerjaan yang diinginkan.

Lalu apa saja pengumuman lowongan pekerjaan palsu yang marak dibagikan belakangan ini. Berikut beberapa diantaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Surat Elektronik Rekrutmen Karyawan Mencatut Nama Stickearn

Beredar di dunia maya surat rekrutmen karyawan yang mencatut nama Stickearn. Surat panggilan kerja ini ramai disebarkan sejak pekan kemarin.

Surat rekrutmen karyawan ini beredar melalui email. Di dalam surat rekrutmen karyawan itu terdapat list nama-nama orang yang akan menjalani tahapan seleksi calon karyawan.

Disebutkan juga dalam surat panggilan tersebut seleksi akan dilakukan pada Jumat (15/1/2021) hingga Sabtu (16/1/2021). Seleksi karyawan itu akan dilakukan di Surabaya.

Para peserta yang tertera dalam surat panggilan kerja itu diminta untuk datang dan semua biaya akomodasi akan diganti pihak Stickearn. Selain itu terdapat pula tawaran gaji dari Rp 14 juta hingga Rp 22 juta per bulan.

Lalu benarkah Stickearn mengirim surat elektronik berisi undangan rekrutmen karyawan? Simak dalam artikel berikut ini...

 

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Beredar Lagi Hoaks Lowongan Kerja dari PT Waskita Karya

Selama masa pandemi covid-19, hoaks soal lowongan kerja mencatut nama PT Waskita Karya kembali terulang. PT Waskita Karya adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi.

Kali ini beredar surat lowongan kerja dari PT Waskita Karya dengan cara undangan pangilan tes seleksi menjadi karyawan. Dalam surat dengan logo BUMN dan PT Waskita Karya, disebutkan kalau tes bakal dilangsungkan pada 10 sampai 11 Januari 2020.

Lalu benarkah surat panggilan lowongan kerja tersebut? Simak dalam artikel berikut ini...

3 dari 5 halaman

3. Cek Fakta: Hoaks Lowongan Kerja PT Astra dengan Gaji Rp 5,2 Juta Per Bulan

Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah postingan berupa lowongan kerja dari PT ASTRA (GROUP). Klaim ini beredar di WhatsApp Group.

Begini narasi yang beredar soal lowongan kerja di PT ASTRA (GROUP):

"Bantu share. Siapa tau ada yang butuh !!

Lowongan PT ASTRA (GROUP)

Produksi otomotif

Dengan Fasilitasnya :

1. Gaji Rp. 5.200.000/bln

2. Tunjangan Makan

3. Tunjangan Transportasi

4. Baju Seragam

5. Lemburan

6. BPJS

Penempatan :

1. Karawang

2. Cikarang

3. Jakarta

4. Tangerang

Kriteria :

Bagian Operator Produksi

1. Pria/Wanita Usia 18 - 22 Thn

2. Pendidikan min. SMA/SMK Sederajat

3. Tinggi min. 167 cm (Pria) dan min. 155 cm (Wanita)

4. Tidak bertato, buta warna dan tidak berkaca mata/minus

5. Pengalaman/non pengalaman

Cara Melamar :

Bagi pelamar yg ingin mendaftar silahkan membuka link Formulir Pendaftaran dibawah ini untuk melamar Via Online :

bit.ly/LptksFormsPendaftaran

Pendaftaran online dibuka sampai 15 Januari 2021

Semoga bermanfaat".

Lalu, benarkah itu lowongan kerja dari PT ASTRA (GROUP)? Simak dalam artikel berikut ini...

4 dari 5 halaman

4. Cek Fakta: Hoaks Lowongan Kerja Pertamina untuk Tahun 2021, Simak Buktinya

Pemilik akun Facebook Agung Prasetyo membagikan poster dengan klaim lowongan kerja dari Pertamina. Disebutkan dalam postingannya, Pertamina membuka lowongan pekerjaan untuk tahun 2021.

Agung Prasetyo mengunggah klaim lowongan kerja Pertamina di beberapa grup Facebook, salah satunya Loker Prabumulih. Begini narasinya:

"Lowongan Kerja Pertamina Terbaru Januari 2021."

Disebutkan dalam poster lowongan kerja itu, Pertamina mencari security, driver, sekretaris, hingga pegawai SPBU. Lowongan kerja ini dibuka hingga 3 Januari 2021.

Disebutkan pula kalau pelamar harus menyerahkan surat lamaran kerja melalui email: recruitment.pertamina@email.com. Kemudian ada format ketika mengirim email, yakni mencantumkan nama, nomor handphone, hingga domisili.

Lalu, benarkah itu merupakan lowongan kerja dari Pertamina yang sesungguhnya? Simak penelusurannya di artikel berikut ini...

5 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.