Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Link Pendaftaran BPUM 2021 dari BRI

Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai berisi link pendaftaran untuk BPUM tahun 2021

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai berisi link pendaftaran untuk Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahun 2021. Pesan itu ramai dibagikan sejak pekan ini.

Dalam pesan berantai yang beredar mengarahkan pengguna ke halaman Google Form dengan logo BRI di bagian atas. Selain itu pengguna juga diminta mengisi data diri seperti nama, nomor KTP, hingga nomor handphone.

Berikut isi pesan berantai tersebut:

"Monggo Banpres BPUM tahap tahun 2021 sdh dibuka ... Warga yg betul-betul mempunyai usaha mikro jgn sampe kelewatan...Hajar Bro

Link : https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSen5GQEwRiFHTW3wH2GZ1qAW9JPv L3aRynbrn4_6qRpTEuxOQ/viewform"

Lalu benarkah isi pesan berantai yang menyertakan link untuk pendaftaran BPUM tahun 2021?

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menghubungi Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto. Dia menjelaskan BRI tak pernah membuat pesan berantai seperti itu.

"BRI tidak pernah membuka pendaftaran calon penerima BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro) melalui media apapun. BRI hanya bertindak sebagai salah satu bank yang menyalurkan BPUM kepada pelaku usaha mikro," ujar Aestika saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (12/1/2021).

"Dalam penyalurannya, BRI menyalurkan BPUM sesuai dengan data penerima yang diperoleh dari Kementerian Koperasi dan UKM RI," katanya menambahkan.

Cek Fakta Liputan6.com juga menghubungi Kementerian Koperasi dan UKM RI. Dalam pernyataannya mereka menjelaskan bahwa pendaftaran tidak dilakukan secara online.

"Tidak benar link itu, hoaks. Untuk pendaftaran BPUM tahun 2020 sudah ditutup sejak Desember tahun lalu, sedangkan untuk BPUM tahun ini belum ada, masih menunggu informasi selanjutnya," ujar Kabag Humas Kemenkop UKM, Sahrul saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (12/1/2021).

Selain itu dalam artikel Liputan6.com berjudul "BRI Sudah Salurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro ke 7,8 Juta Nasabah" yang tayang 4 Januari 2021, dijelaskan bahwa masyarakat penerima bisa mengetahui apakah terdaftar dalam program ini melalui laman https://eform.bri.co.id/bpum.

Selain itu penerima bantuan juga akan mendapatkan SMS notifikasi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang berisi link pendaftaran BPUM tahun 2021 adalah hoaks. Faktanya BRI tidak pernah membuat pesan berantai seperti itu dan pendaftaran BPUM tidak dilakukan secara online.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.